10 Cara Mengatasi Telinga Kemasukan Air dan Tak Bisa Keluar, Nomor 8 Paling Mudah Tapi Jarang Dilakukan

Selasa, 12 Oktober 2021 - 11:38 WIB
loading...
10 Cara Mengatasi Telinga Kemasukan Air dan Tak Bisa Keluar, Nomor 8 Paling Mudah Tapi Jarang Dilakukan
10 Cara Mengatasi Telinga Kemasukan Air dan Tak Bisa Keluar, Nomor 8 Paling Mudah Tapi Jarang Dilakukan. Foto/Ilustrasi/Hellosehat
A A A
JAKARTA - Mengatasi telinga kemasukan air dan tak bisa keluar, ternyata banyak cara dan tidak sulit. Diantaranya bisa lewat menggerakan daun telinga hingga penggunaan obat tetes.

Seperti diketahui, telinga kemasukan air pasti semua orang pernah mengalami, khususnya saat berenang atau mandi. Tentunya hal itu akan sangat mengganggu, mulai dari sulit mendengar hingga berisiko menderita infeksi karena air yang masuk tidak keluar.

Kondisi infeksi tersebut disebut juga dengan swimmer’s ear. Sebelum parah, ternyata cara mengatasinya tidak sulit kok. Berikut rangkuman 10 cara mengatasi telinga kemasukan air dan tidak bisa keluar seperti dilansir dari Healthline, Selasa (12/10/2021).

1. Gerakkan daun telinga

Cara pertama untuk mengatasi telinga kemasukan air dan tidak bisa keluar adalah menggerakkan daun telinga dengan lembut. Coba lakukan sambil memiringkan kepala ke bawah ke arah bahu.



Selain itu, bisa juga dengan menggelengkan kepala dari sisi ke sisi. Melakukan kegiatan tersebut dapat membuat air keluar dari telinga.

2. Biarkan air jatuh karena gaya gravitasi

Air dapat mengalir dengan sendirinya karena gaya gravitasi. Kamu cukup memiringkan kepala yang dibalut handuk ke arah bahu, dan tunggu beberapa menit, perlahan air pun akan mengalir keluar dan terserap di handuk. Cara ini dapat mengatasi telinga kemasukan air yang tidak bisa keluar.

3. Buat ruang hampa di telinga
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2689 seconds (0.1#10.140)