85% Wanita Multiperan Baperan karena Merasa Tak Berdaya, Ini Cara Mengatasinya

Selasa, 12 Oktober 2021 - 15:58 WIB
loading...
85% Wanita Multiperan Baperan karena Merasa Tak Berdaya, Ini Cara Mengatasinya
Sebanyak 85% wanita dengan multiperan kerap terbawa perasaan (baper) karena merasa tak berdaya memainkan perannya secara maksimal. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Sebanyak 85% wanita dengan multiperan kerap terbawa perasaan (baper) karena merasa tak berdaya memainkan perannya secara maksimal. Lantas, apa solusinya?

Menurut Diina Sofia, Empowering Women Trainer dari Tempa Trainers Guild (TTG), menjadi wanita tangguh yang punya banyak peran adalah sesuatu yang luar biasa. Namun hal tersebut sering terkendala oleh tugas ganda yang tidak jarang menggerus kesabaran.



“Dalam satu waktu wanita dihadapkan pada beberapa pilihan, harus melayani kebutuhan suami, memenuhi kebutuhan anak atau mengerjakan tugas-tugas di kantor. Peran-peran yang sangat banyak ini tidak jarang membuat kita kawalahan, jadi gampang baper,” ungkap Diina dalam sharing session bertajuk Wanita Tangguh Tanpa Keluh yang diinisiasi Desainer Nina Nugroho, Minggu (10/10/2021).

Berdasarkan survei yang dilakukan Diina untuk kepentingan pembuatan bukunya berjudul Tangguh Tanpa Keluh, ditemukan sebanyak 85% responden wanita yang diwawancarainya mengalami baper akibat ketidakberdayaan dalam menjalankan tugas multiperan. Selain baper, fenomena yang dialami wanita adalah julid dan merasakan hidup penuh persaingan.

“Jadi banyak wanita karena insecure akhirnya merasa kehidupan orang lain lebih bagus dari dirinya. Kalau ini dibiarkan, bikin capek. Udah kerjaan nggak selesai, tapi justru sibuk memikirkan hidup orang lain. Sehingga hidup menjadi tidak produktif,” papar Diina.

Ketidakmampuan menjalankan tugas multiperan ternyata juga melahirkan wanita yang suka bergosip dan mudah curiga.

“Curiga pada suami, pulang kemalaman dicurigai, anak juga ikut dicurigai, lagi teleponan sama siapa. Kalau curiga terus, jadi nggak tenang hidupnya. Ini curiga yang membutakan. Curiga yang tidak berkesudahan, juga menimbulkan salah paham dan konflik,” papar Diina.

Menurut Diina, ada lima ciri wanita tangguh yang dapat mengatasi setiap kendala dalam kehidupannya, yaitu:

1. Membuat kesadaran diri yang baik tentang kodrat dia sebagai wanita.
2. Percaya diri (yakin dan mampu).
3. Mau berusaha (solutif).
4. Pandai mengatur waktu.
5. Menerima ketetapan dari Tuhan-Nya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2623 seconds (0.1#10.140)