Tidak Perlu Repot, Ini 5 Tips Menyusui di Malam Hari

Selasa, 19 Oktober 2021 - 02:34 WIB
loading...
Tidak Perlu Repot, Ini 5 Tips Menyusui di Malam Hari
Bagi para bunda yang baru kali pertama memiliki bayi, tentunya akan menghadapi perjuangan untuk tetap terjaga demi memberikan ASI pada si kecil. / Foto: ilustrasi/Healthline
A A A
JAKARTA - Bagi para bunda yang baru kali pertama memiliki bayi,tentunya akan menghadapi perjuangan untuk tetap terjaga demi memberikan ASI pada si kecil. Pasalnya, bayi harus mendapatkan asupan ASI setidaknya 4 jam sekali.

Bagi ibu baru yang belum berpengalaman pasti akan merasa kesulitan menghadapi kebiasaan baru ini. Sebagai seorang ibu, dituntut untuk kreatif dalam manajemen waktu mengurus anak.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar bisa menyusui bayi tanpa harus merepotkan bunda sendiri. Dalam keterangan tertulisnya, Boboduckmembagikan lima tips menyusui di malam hari yang bisa bunda ikuti dan praktikkan.

Baca juga: Baru 24 Tahun, Wanita Ini Sudah 3 Kali Menikah dan Punya 7 Anak

1. Pastikan bunda telah memberikan ASI yang cukup di pagi, siang dan sore hari

Bayi membutuhkan kalori yang cukup dalam waktu 24 jam. Jika kalori tak terpenuhi, bayi akan terbangun dan lapar di malam hari. Bunda bisa mengakalinya dengan membangunkan si kecil setiap 2-3 jam untuk memberi ASI pada siang hari, setelah itu biarkan dia kembali tidur.

Namun pastikan Si bayi mendapatkan asupan ASI yang cukup sering di siang hari agar dia mendapatkan jumlah kalori yang dia butuhkan.

2. Ikut tidur saat si kecil tidur

Bunda pasti sudah sering mendengar ini, tapi tidurlah pada saat si bayi juga tertidur. Memanfaatkan waktu tidur bersamaan dengan bayi akan sangat membantu bunda menyimpan energi meski sedikit.

Hal ini akan cukup sulit kalau bunda punya lebih dari satu anak, tapi bunda bisa meminta bantuan orang di rumah untuk bergantian menjaga bayi agar bunda bisa istirahat dengan cukup. Saat memiliki bayi dari usia 0-6 bulan pertama, koordinasi antar anggota keluarga di rumah sangat diperlukan agar kesehatan mental dan fisik orang tua dapat terjaga dengan baik saat mengasuh si kecil.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1511 seconds (0.1#10.140)