Cegah Osteoporosis, Ini Latihan Fisik untuk Jaga Kesehatan Tulang sesuai Usia

Rabu, 20 Oktober 2021 - 12:32 WIB
Cegah Osteoporosis, Ini Latihan Fisik untuk Jaga Kesehatan Tulang sesuai Usia
Osteoporosis bisa dialami siapa saja. Latihan fisik diperlukan untuk mencegah terjadinya penyakit tersebut. Foto Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Banyak orang beranggapan osteoporosis hanyalah masalah bagi para lansia. Padahal kaum muda pun rentan mengalami penyakit tulang tersebut. Latihan fisik diperlukan untuk mencegah terjadinya osteoporosis.

Hari Osteoporosis diperingati tanggal 20 Oktober setiap tahun. Hingga saat ini masih ada kesalahpahaman di masyarakat terkait dengan osteoporosis. Banyak yang menganggap osteoporosis hanya masalah pada lansia, namun ini adalah pemahaman yang salah.

Baca Juga: Usia 30 Tahun Rawan Osteoporosis, Begini Cara Mencegahnya!

Sebagaimana diketahui, osteoporosis adalah penyakit tulang sistemik yang ditandai dengan penurunan kekuatan tulang, sehingga tulang mudah patah. Osteoporosis menjadi penyebab 8,9 juta kasus patah tulang setiap tahun. Bahkan setiap tiga detik terjadi satu kasus patah tulang.



Ketua Umum Perhimpunan Osteoporosis Indonesia (Perosi) dr. Bagus Putu Putra Suryana, SpPD-KR mengatakan, patah tulang menyebabkan rasa nyeri, disabilitas, deformitas, dan kematian. Osteoporosis disebabkan oleh massa tulang puncak.

"Nutrisi dan latihan fisik yang baik sejak usai dini dapat meningkatkan pencapaian massa tulang puncak. Salah satunya dengan mencukupi kalsium dan vitamin D. Kebutuhan tiap hari untuk usia di atas 50 tahun kalsium 1.000 mg dan vitamin D 600 IU," terang dr. Bagus.

Adapun latihan fisik sesuai usia yang dianjurkan meliputi:

1. Anak-Anak dan Remaja

- Meningkatkan kepadatan tulang 1-6 persen setiap enam bulan.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1161 seconds (10.177#12.26)