4 Khasiat Tanaman Jahe bagi Kesehatan Tubuh

Jum'at, 22 Oktober 2021 - 05:45 WIB
loading...
4 Khasiat Tanaman Jahe bagi Kesehatan Tubuh
Selain populer digunakan sebagai bumbu masak, manfaat jahe bagi kesehatan tubuh manusia tidak perlu diragukan lagi. Foto Ilustrasi/Askyourfitnessquestion
A A A
JAKARTA - Selain populer digunakan sebagai bumbu masak, manfaat jahe bagi kesehatan tubuh manusia tidak perlu diragukan lagi. Khasiat tanaman satu ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti mengobati pilek, mual, radang sendi, migrain, hingga hipertensi.

Melansir laman Medical News Today, sebuah penelitian menyelidiki popularitas herbal dari tanaman jahe sebagai pengobatan pilek atau flu. Setelah mensurvei 300 pelanggan apotek di dua lokasi berbeda, para peneliti menentukan bahwa 69% dari mereka yang disurvei menggunakan obat herbal dan sebagian besar kelompok ini menganggapnya efektif.



Selain memiliki banyak nutrisi, tanaman jahe menjadi salah satu obat alternatif bagi sebagian orang karena dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit secara alami. Berikut manfaat lain yang dapat diberikan oleh tanaman jahe, seperti dilansir dari Hellosehat, Kamis (21/10/2021).

Mengatasi Masalah Pencernaan

Kandungan phenolic dalam tanaman jahe berfungsi untuk meredakan gejala iritasi gastrointestinal, menstimulasi air liur, mencegah terjadinya kontraksi pada perut, hingga membantu pergerakan makanan dan minuman selama berada di pencernaan.

Tanaman ini juga disebut sebagai carminative, suatu substansi yang dapat membantu mengeluarkan gas berlebih yang ada di sistem pencernaan Anda. Masalah pencernaan seperti kolik dan dispepsia dapat diatasi dengan jahe.

Mengurangi Rasa Mual

Selain dapat mengatasi masalah pencernaan, salah satu manfaat lain tanaman jahe yaitu dapat meredakan mual yang disebabkan oleh morning sickness, vertigo, maupun efek samping pengobatan kanker.

Kita dapat mengaplikasikan jahe dengan cara dimakan secara mentah atau dijadikan sebagai minuman. Jahe dalam bentuk permen juga dapat bekerja dengan baik terutama dalam mengatasi mual yang diderita ibu hamil.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2266 seconds (0.1#10.140)