Lebih dari Satu Mata Air, Rahasia Air Mineral Kemasan Terasa Segar

Jum'at, 22 Oktober 2021 - 21:58 WIB
loading...
Lebih dari Satu Mata Air, Rahasia Air Mineral Kemasan Terasa Segar
Air mineral memiliki kandungan mineral seimbang yang dapat membantu melengkapi kebutuhan mineral dalam tubuh. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Air minum dalam kemasan (AMDK) menjadi pilihan karena dinilai lebih praktis dan higienis. Tak hanya itu, air kemasan asli dari sumber mata air pegunungan juga sangat menyegarkan karena masih alami dan bersih.

Namun, tidak semua AMDK memiliki kualitas yang sama, itu mengapa rasa dan kesegaran tiap merek berbeda-beda. Setiap merek memiliki cara produksi dan sumber air yang berbeda.

Untuk produk air minum kemasan Prius Mineral Water misalnya, mengambil air dari 5 sumber mata air di 5 pegunungan yang berbeda. Tak heran jika produk ini memiliki tingkat kesegaran dan kualitas yang lebih baik dari air kemasan lainnya.

Baca juga: Kolesterol Tinggi, 3 Gejala di Kaki yang Tandai Masalah Serius

"Prius Mineral Water diambil dari mata air yang berada di lokasi pegunungan. Di sekitar lokasi pabrik, ada sekitar 7 pegunungan, namun yang diambil hanya 5 pegunungan saja," ungkap Kepala Produksi Prius Mineral Water, Dadang Rahmat dalam pernyataan tertulisnya, Jumat (22/10/2021).

"Hal ini dilakukan, karena air dari sumber mata air dari 5 pegunungan tersebut dirasa sudah cukup untuk memenuhi produksi harian Prius Mineral Water ini," sambungnya.

Setelah proses pengambilan, selanjutnya air akan dimasukkan ke reservoir, atau semacam danau buatan. Untuk beberapa lama, air yang berada di reservoir tersebut akan dipompa, hingga air bisa masuk ke reservoir yang ada di kawasan pabrik. Dari sinilah, proses penyaringan dimulai dan air akan melalui 3 tahapan penyaringan.

Pertama, yaitu tahapan yang dikenal dengan nama bef filter. Dari tahapan ini, air akan masuk ke tahapan selanjutnya, yang dikenal dengan sand filter atau penyaringan pasir. Kemudian air akan masuk ke tahapan terakhir, yaitu tahapan Carbon 1 dan juga Carbon 2. Fungsi penyaringan ini dimaksudkan agar bau serta bakteri yang mungkin ada pada air bisa hilang dan mati.

Setelah proses itu selesai, bukan berarti air sudah bisa dikemas. Sebab setelah itu masih harus melewati proses ultrafiltrasi di mana air akan masuk melalui 12 membrane yang berfungsi untuk menyaring bakteri yang berukuran kecil. Barulah setelah proses tersebut dilakukan, air akan masuk ke gravity tank hingga akhirnya dikemas.

"Proses produksi Prius Mineral Water dilakukan dalam beberapa tahapan untuk menjaga kualitasnya. Jadi tak hanya memberikan kesegaran saja tapi untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan memberikan manfaat bagi kesehatan masyarakat," ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1709 seconds (0.1#10.140)