Siapkan Masa Depan Sistem Kesehatan, Kemenkes Ungkap Pentingnya Telehealth

Sabtu, 23 Oktober 2021 - 08:09 WIB
loading...
Siapkan Masa Depan Sistem Kesehatan, Kemenkes Ungkap Pentingnya Telehealth
Peranan teknologi harus mampu menjembatani akses yang lebih luas, terutama bagi pasien serta keamanan bagi dokter di masa sulit. / Foto: iustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Peran dokter sangat mendasar bagi kesejahteraan bangsa. Sayangnya Indonesia hanya memiliki 4,27 dokter untuk setiap 10.000 populasi pada 2018. Jumlah ini terbilang cukup tertinggal dibanding negara tetangga.

Kondisi ini semakin dipersulit dengan tantangan yang dihadapi selama pandemi Covid-19 yang telah berlangsung hampir dua tahun. Terlebih pandemi telah merenggut ratusan nyawa pahlawan kesehatan.

Oleh sebab itu, peranan teknologi harus mampu menjembatani akses yang lebih luas. Terutama bagi pasien serta keamanan bagi dokter di masa sulit. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah mengeluarkan roadmap transformasi digital di sektor kesehatan hingga 2024.

Baca juga: Viral! Suami Kasih Rp50 Ribu Sebulan, Sebut Istri Tak Becus karena Masak Kangkung Terus

Chief Digital Transformation Office Kementerian Kesehatan RI, Setiaji, ST, M.Si mengatakan, transformasi digital di sektor kesehatan harus terdapat peranan telehealth dalam membantu mewujudkan layanan kesehatan yang merata dan inklusif.

"Saat ini Kemenkes telah membentuk Digital Transformation Office dalam rangka mempersiapkan masa depan sistem kesehatan di Indonesia," kata Setiaji, dalam virtual press conference 'Layanan Telehealth Bantu Dokter Jangkau Lebih Banyak Masyarakat', Jumat, 22 Oktober 2021.

Setiaji menambahkan, dalam beberapa tahun ke depan, masyarakat diharapkan bisa mengakses layanan kesehatan digital. Layanan tersebut mulai dari dalam kandungan hingga menghadapi kondisi kritis. Nantinya, semua rekam medis akan terintegrasi pada satu sistem.

Baca juga: 10 Makanan Ekstrem di Indonesia, Ada Jus Cacing hingga Sate Biawak

"Sehingga masing-masing orang nantinya akan memiliki personal health record. Teknologi seperti telehealth ini tidak hanya membantu para dokter meningkatkan skill, namun juga memperluas jangkauan layanannya," tuntasnya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 5.0021 seconds (0.1#10.140)