Kulit Telapak Tangan Tiba-Tiba Mengelupas? Ini 5 Hal yang Bisa Jadi Penyebabnya

Senin, 25 Oktober 2021 - 06:53 WIB
loading...
A A A
Faktor cuaca yang tidak menentu dapat menimbulkan kulit telapak tangan mengelupas. Mungkin, bukan hanya kesehatan kulit yang akan terkena dampak dari faktor cuaca yang tidak menentu.

Agar tidak mengelupas, Anda dapat merawatnya dengan air dingin atau air hangat pada saat mandi, dan pastikan jangan terlalu lama. Kemudian, menggunakan pelembab setelah mandi menjadi memiliki hal yang penting untuk mencegah kulit telapak tangan mengelupas.

3. Bahan Kimia

Bukan hanya faktor alam atau lingkungan yang dapat menyebabkan kulit telapak tangan mengelupas. Terdapat pula faktor lain seperti bahan-bahan yang digunakan untuk membersihkan tubuh, misalnya sabun, sampo, pelembab, dan wewangian.

Biasanya yang digunakan adalah bahan yang mengandung kimia dan tidak cocok dengan kulit Anda sehingga menimbulkan iritasi pada kulit telapak tangan. Selain itu bukan hanya bahan-bahan pembersih tubuh, namun deterjen, pelarut, dan perekat juga dapat menyebabkan iritasi pada kulit, terutama pada telapak tangan.

Untuk mencegahnya, Anda dapat menghindari atau berusaha memilih bahan pembersih tubuh atau bahan lain yang tidak menyebabkan iritasi pada kulit.

4. Cuci Tangan Terlalu Sering

Sesuatu yang berlebihan tidak akan memiliki manfaat yang baik bagi kita. Begitu juga dengan mencuci tangan, terdapat anjuran untuk selalu mencuci tangan ketika telah selesai melakukan aktivitas atau sebelum makan.

Namun, apabila terlalu sering mencuci tangan akan menyebabkan kulit tangan mengalami iritasi. Hal tersebut ditimbulkan dari sabun yang digunakan. Untuk itu, apabila Anda mulai merasakan ketidaknyamanan, sebaiknya pertimbangkan untuk melanjutkan sabun atau bahan pencuci tangan tersebut.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1144 seconds (0.1#10.140)