Ditagih Utang Marah, Awas Risiko Stroke dan Masalah Mental

Kamis, 28 Oktober 2021 - 16:06 WIB
loading...
A A A
Lalu, bagaimana dengan dampak buruk marah pada kesehatan mental?

Baca juga: Viral Curhat Anak Magang Kena Penalti Rp500 Ribu jika Mundur

Diterangkan Ahli Kesehatan dan Kebugaran Caleb Backe, semua orang paham betul bahwa kemarahan itu sesuatu yang tidak menyenangkan, tetapi tidak semua orang menyadari seberapa besar pengaruhnya terhadap kesehatan mental.

"Marah menempatkan Anda pada perasaan terluka, keraguan akan diri sendiri, dan terisolasi. Saat Anda meluapkan amarah, Anda membuat orang lain menjaga jarak dengan Anda bahkan itu bisa terjadi pada orang yang sejujurnya peduli pada Anda dan ini hanya memperburuk suasana hati Anda," jelas Backe.

Dia menambahkan, penting bagi seseorang mengelola amarah dalam dirinya, sehingga Anda tidak menderita efek negatif dari meluapkan emosi marah yang terbukti berdampak buruk pada kesehatan fisik maupun mental.

Ini pun berlaku pada Anda yang meluapkan marah ketika ada orang yang menagih utang kepada Anda. Anda mesti sadar juga bahwa yang namanya utang harus dibayar dan perbuatan yang salah ketika Anda malah menghindari dari utang dengan marah-marah.

Baca juga: IDAI Sambut Baik Diperbolehkannya Vaksinasi Covid-19 untuk Anak 5-11 Tahun

"Kami sangat menyarankan untuk Anda yang susah meluapkan marah kepada orang di sekitar, maka tidak ada salahnya datangani tenaga profesional. Konseling adalah solusi yang bisa Anda coba demi kesehatan tubuh yang menyeluruh," ungkap Backe.
(nug)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1574 seconds (0.1#10.140)