5 Pantangan Asam Urat, Nomor 2 dan 3 Paling Mudah Dilakukan

Jum'at, 29 Oktober 2021 - 12:15 WIB
loading...
5 Pantangan Asam Urat, Nomor 2 dan 3 Paling Mudah Dilakukan
5 Pantangan Asam Urat, Nomor 2 dan 3 Paling Mudah Dilakukan. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Pantangan asam urat seperti membatasi makanan kaya akan purin dan minuman mengandung alkohol penting dilakukan. Sebab, asam urat atau lebih dikenal dengan gout dalam istilah kedokteran adalah bentuk yang kompleks dari radang sendi.

Penyakit ini bisa menyerang siapa saja tanpa mengenal usia dan jenis kelamin. Pola makan menjadi penyebab utama seseorang mengalami asam urat.

Gejala asam urat biasanya ditandai dengan rasa sakit yang tiba-tiba menjadi parah, bengkak, kemerahan dan nyeri tekan pada satu atau lebih sendi. Asam urat ini bisa terjadi dan menyerang bagian tubuh mana saja.

Oleh sebab itu seseorang yang memiliki riwayat atau potensi mengalami asam urat wajib melakukan sejumlah pantangan agar penyakit tersebut tidak muncul. Merangkum dari Healthline, Jumat (29/10/2021), berikut lima tips alami mencegah asam urat.



1. Batasi Makanan Kaya Akan Purin

Makanan kaya purin terdiri dari beberapa jenis daging, makanan laut, dan sayuran. Semua makanan ini mengeluarkan asam urat saat dicerna. Hindari atau kurangi asupan makanan seperti: organ dalam (jeroan), kalkun, ikan dan kerang-kerangan, daging kambing, daging sapi muda, kembang kol, kacang hijau, kacang kering, dan jamur.

2. Hindari Konsumsi Gula

Asam urat biasanya dikaitkan dengan makanan kaya protein, tapi penelitian terbaru menunjukkan bahwa gula juga bisa menjadi penyebab potensial. Gula fruktosa adalah jenis utama gula sederhana dalam makanan olahan dan olahan. Para peneliti telah menemukan bahwa jenis gula ini secara khusus dapat menyebabkan tingginya kadar asam urat.

3. Minum Lebih Banyak Air
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1427 seconds (0.1#10.140)