Pengaruh Kolesterol pada Hubungan Intim Pria Bisa Terjadi, Ini Penjelasannya

Minggu, 31 Oktober 2021 - 10:30 WIB
loading...
Pengaruh Kolesterol pada Hubungan Intim Pria Bisa Terjadi, Ini Penjelasannya
Kolesterol tinggi dapat membahayakan jantung, yang salah satunya memicu disfungsi ereksi. Foto Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Pengaruh kolesterol pada hubungan intim pria bisa terjadi. Sebab, kolesterol tinggi dapat membahayakan jantung, yang salah satunya memicu disfungsi ereksi.

Disfungsi ereksi (DE) adalah kondisi umum, yang diperkirakan memengaruhi sekitar 30 juta pria di Amerika Serikat. Pria dengan DE mengalami kesulitan mendapatkan dan mempertahankan ereksi.



Tidak bisa mendapatkan atau mempertahankan ereksi kadang-kadang memang terjadi pada sebagian pria. ED didiagnosis ketika seorang pria secara konsisten mengalami kesulitan ini.

DE disebabkan oleh sejumlah faktor yang berbeda, termasuk kesehatan jantung yang buruk. Diketahui, kadar kolesterol tinggi dapat memengaruhi kesehatan jantung Anda.

Bisakah mengobati kolesterol tinggi juga membantu mengobati DE? Penelitian menunjukkan bahwa itu mungkin memiliki sedikit efek.

Melansir Healthline pada Minggu (31/10/2021), penyebab DE yang paling umum adalah aterosklerosis, yaitu penyempitan pembuluh darah. Banyak hal yang dapat menyebabkan aterosklerosis, termasuk kolesterol tinggi. Itu karena kadar kolesterol yang tinggi dalam darah dapat menyebabkan penumpukan kolesterol di arteri. Hal itu, pada gilirannya, dapat mempersempit pembuluh darah.

Peneliti juga telah menemukan hubungan antara DE dan kolesterol tinggi, yang dikenal sebagai hiperkolesterolemia. Tautan tersebut belum sepenuhnya dipahami, tetapi telah mengarahkan para peneliti untuk mengeksplorasi penggunaan obat penurun kolesterol untuk pengobatan DE.

Statin dan Disfungsi Ereksi

Statin adalah obat yang digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol. Dalam studi tahun 2017 pada tikus, para peneliti mencatat peningkatan fungsi ereksi setelah pengobatan kolesterol tinggi dengan atorvastatin (lipitor). Tingkat lipid tetap tidak berubah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2065 seconds (0.1#10.140)