Kolesterol Tinggi Bisakah Sembuh Total? Ini Penjelasan Ahli

Senin, 01 November 2021 - 15:20 WIB
loading...
Kolesterol Tinggi Bisakah Sembuh Total? Ini Penjelasan Ahli
Kolesterol tinggi tidak bisa sembuh total. Meski demikian, kolesterol tinggi bisa dikontrol dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dan konsumsi obat. Foto/HCA Healthcare Today.
A A A
JAKARTA - Kolesterol tinggi tidak bisa sembuh total. Meski demikian, kolesterol tinggi bisa dikontrol dengan cara mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dan mengkonsumsi obat-obatan .

Ahli Jantung di All India Institute of Medical Sciences, New Delhi, Dr. Nitish Naik mengatakan bahwa pola makan yang sehat, aktivitas fisik yang teratur, dan berat badan yang optimal tetap menjadi landasan untuk mengendalikan kolesterol.

"Obat-obatan juga memainkan peran penting pada banyak pasien. Namun, tidak boleh disalahartikan bahwa begitu kadar kolesterol menjadi normal dengan bantuan obat-obatan, gaya hidup tidak lagi berperan dalam mengelola hal yang sama," kata Dr. Naik dilansir dari Wellthy, Senin (1/11/2021).


"Padahal, gaya hidup sehat adalah cara terbaik untuk mengurangi risiko penyakit jantung,” sambungnya.

Namun, penting untuk diingat bahwa obat tidak menyembuhkan kolesterol tinggi, tetapi efektif mengembalikan kadar kolesterol ke kisaran normal.

Sementara itu, seseorang dengan kadar kolesterol tinggi seringkali tidak memiliki tanda atau gejala . Tetapi, pemeriksaan rutin dan tes darah rutin dapat membantu mendeteksi kolesterol tinggi.


Dilansir dari Cleveland Clinic, adapun beberapa cara menurunkan kolesterol tinggi diantaranya hindari merokok, perbiki pola makan, rutin olahraga, menjaga berat badan tetap ideal dan kontrol gula dan tekanan darah secara rutin.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1825 seconds (0.1#10.140)