5 Makanan untuk Penderita Kolesterol, dari Sayur hingga Ikan Laut

Selasa, 02 November 2021 - 16:17 WIB
loading...
5 Makanan untuk Penderita Kolesterol, dari Sayur hingga Ikan Laut
Makanan untuk penderita kolesterol haruslah yang rendah lemak namun tinggi serat. Jenisnya beragam, mulai sayur-mayur hingga ikan laut. Foto Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Makanan untuk penderita kolesterol haruslah yang rendah lemak namun tinggi serat. Jenisnya beragam, mulai sayur-mayur hingga ikan laut.

Kolesterol tinggi memicu timbulnya berbagai penyakit berbahaya seperti jantung koroner, stroke hingga diabetes. Kadar kolesterol tinggi bisa disebabkan oleh banyak hal seperti obesitas, jarang berolahraga serta konsumsi makanan yang tidak sehat. Makanan tinggi lemak dan rendah serat berpotensi menaikkan kadar kolesterol.



Supaya kolesterol darah tetap stabil, Anda harus mulai disiplin mengonsumsi makanan penurun kolesterol. Terdapat berbagai macam makanan untuk menurunkan kolesterol tinggi, mulai sayuran, buah-buahan sampai camilan untuk dikonsumsi sehari-hari. Namun, pastikan makanan tersebut aman dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi, dilihat dari kandungan nutrisi dan cara pembuatannya.

Berikut lima jenis makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi.

1. Alpukat

Alpukat kaya akan nutrisi yang menyehatkan jantung. Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal, serat, nutrisi fitosterol dan polifenol. Karena itu, alpukat efektif menurunkan kadar kolesterol jahat dan menjaga kolesterol tetap seimbang.

Seperti dilansir dari Everyday Health, Selasa (2/11/2021), dalam 150 gram alpukat mengandung 14,7 gram lemak tak jenuh tunggal, yang dapat mengurangi menurunkan kadar kolesterol LDL dan menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

2. Ikan

Lemak omega-3 yang terkandung dalam ikan seperti asam eicosapentaenoic (EPA) adalah lemak tak jenuh ganda esensial yang ditemukan pada salmon, mackerel, dan sarden yang bermanfaat untuk antiinflamasi serta menjaga kesehatan organ jantung.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2157 seconds (0.1#10.140)