Melihat Daya Tarik 3 Desa Wisata yang Wakili Indonesia dalam UNWTO Best Tourism Village 2021

Selasa, 02 November 2021 - 19:10 WIB
loading...
Melihat Daya Tarik 3 Desa Wisata yang Wakili Indonesia dalam UNWTO Best Tourism Village 2021
Tiga desa wisata terpilih untuk mewakili Indonesia dalam ajang UNWTO Best Tourism Villages 2021. Foto-Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Banyak desa di Indonesia yang terus mengembangkan potensi pariwisata mereka untuk menarik minat turis berkunjung dan mendapatkan pengakuan pemerintah. Hal itu dibuktikan oleh 3 desa wisata ini, yang berhasil terpilih untuk mewakili Indonesia dalam ajang UNWTO Best Tourism Villages 2021.

Ketiga desa tersebut juga menyabet predikat 50 desa wisata terbaik di Indonesia dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. Yaitu Desa Wisata Nglanggeran yang terletak di Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Desa Wisata Tetebatu, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Desa Wae Rebo yang berada di Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT).



Ketiga desa ini siap beradu keindahan dengan desa wisata dari berbagai belahan dunia lain yang sudah terkenal secara global seperti Murcia (Cehegin) di Spanyol; Alonissos, Westerb Samos, dan Soufli yang mewakili Yunani; serta desa wisata dari Asia Tenggara seperti Vietnam, Filipina, Thailand, Malaysia, dan Kamboja.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam keterangannya belum lama ini menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada ketiga desa yang berhasil mewakili Indonesia di ajang UNWTO Best Tourism Villages 2021 itu.

“Mudah-mudahan ini menjadi langkah kita bersama dalam menjadikan desa wisata di Indonesia sebagai pariwisata berkelas dunia, berdaya saing, berkelanjutan, serta mampu mendorong pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat,” kata Sandiaga melalui siaran pers, dikutip Selasa (2/11/2021).

Lomba desa wisata bertaraf internasional ini memberikan kebanggaan tersendiri untuk bangsa Indonesia, sekaligus sebagai salah satu upaya mempromosikan pariwisata Indonesia di kancah global. Untuk itu, Sandiaga mengajak wisatawan untuk menelusuri apa saja keunggulan dari ketiga desa wisata tersebut. Berikut ulasan singkatnya.

1. Desa Wisata Nglanggeran, Gunung Kidul

Melihat Daya Tarik 3 Desa Wisata yang Wakili Indonesia dalam UNWTO Best Tourism Village 2021


Desa Wisata Nglanggeran terletak di Kecamatan Patuk, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kawasan Gunung Api Purba menjadi daya tarik terbesar dari desa wisata ini. Gunung Api Purba sendiri adalah bagian dari Geopark Gunung Sewu yang telah diakui oleh dunia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1986 seconds (0.1#10.140)