Mengenal Kolesterol dan Fungsinya bagi Tubuh

Rabu, 03 November 2021 - 10:58 WIB
loading...
Mengenal Kolesterol dan Fungsinya bagi Tubuh
Kolesterol yang kadarnya lebih dari normal dapat meningkatkan risiko penyakit mematikan seperti jantung dan stroke. Foto Ilustrasi/Getty Images
A A A
JAKARTA - Kolesterol disebabkan pola makan dan pola hidup masyarakat yang tidak sehat. Kolesterol sering diartikan sebagai substansi yang menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

Jumlah kolesterol yang lebih dari normal memang dapat meningkatkan risiko penyakit mematikan tersebut. Kolesterol adalah lemak yang berguna bagi tubuh. Namun, bila kadar di dalam tubuh terlalu tinggi, kolesterol akan menumpuk di pembuluh darah dan mengganggu aliran darah.



Lindungi Diri dari Bahaya Kolesterol sejak Dini

Berapa pun usia Anda saat ini, belum terlambat untuk membebaskan diri dari bahaya kolesterol. Lindungi diri Anda dari bahaya kolesterol sedini mungkin melalui cara-cara:

- Konsumsi makanan bergizi dan rendah kolesterol.
- Berhenti merokok.
- Jaga berat badan ideal.
- Batasi konsumsi minuman beralkohol.
- Kurangi stres.
- Lakukan olahraga secara rutin setidaknya selama 20-30 menit setiap hari.

Kadar kolesterol yang tinggi dapat membahayakan kesehatan dan perlu segera ditangani. Namun, kondisi ini tidak menimbulkan gejala, sehingga banyak penderita kolesterol tinggi baru menyadari kondisinya setelah muncul penyakit-penyakit terkait bahaya koleseterol tinggi tersebut.

Dilansir dari Halodoc, kolesterol juga menjalankan beberapa fungsi penting lain di dalam tubuh, yang masih berkaitan dengan metabolisme, di antaranya:

- Kolesterol berperan dalam pembentukan dan pemeliharaan membran dan struktur sel. Kolesterol dapat masuk di antara molekul lemak penyusun sel, membuat membran lebih cair. Sel juga membutuhkan kolesterol untuk membantunya menyesuaikan diri dengan perubahan suhu.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2619 seconds (0.1#10.140)