Empat Tips yang Bisa Dilakukan saat Memasuki New Normal

Kamis, 04 Juni 2020 - 20:30 WIB
loading...
Empat Tips yang Bisa Dilakukan saat Memasuki New Normal
New normal merupakan hidup sesuai protokol kesehatan untuk mencegah dan terhindar dari Covid-19. / Foto: ilustrasi/SINDOmedia/Eko Purwanto
A A A
JAKARTA - Indonesia tengah melakukan persiapan memasuki era new normal, yang rencananya akan diberlakukan mulai 4 Juni 2020. New normal diberlakukan dengan tujuan untuk pemulihan ekonomi Republik Indonesia. Perkantoran dan sejumlah sektor lain yang sebelumnya tidak diperbolehkan beroperasi, akan dibuka kembali.

Lalu, apa itu new normal? New normal merupakan hidup sesuai protokol kesehatan untuk mencegah dan terhindar dari Covid-19. Kemudian lahirlah new habit atau kebiasaan baru yang terbangun, kebiasaan baru tersebut adalah memakai masker, cuci tangan memakai sabun, hingga menghindari kerumunan dan jaga jarak.

Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmita mengatakan bahwa secara sosial, masyarakat pasti akan mengalami suatu bentuk new normal, yakni harus beradaptasi dalam beraktivitas sehari-hari. "Transformasi ini adalah untuk menata kehidupan dan perilaku yang baru ketika di masa pandemi, yang kemudian akan dibawa terus ke depannya hingga ditemukannya vaksin untuk Covid-19," jelas Wiku di Jakarta, belum lama ini.

Kini, masyarakat sadar betul untuk lebih menjaga kebersihan dan kesehatan. Menjaga stamina tubuh merupakan salah satu yang terpenting di masa pendemi ini. Lantas bagaimana caranya menjaga daya tahan tubuh? Berikut beberapa tipsnya.

1. Rutin Berolahraga

Melakukan aktivitas olahraga diyakini mampu meningkatkan sistem imun tubuh, sehingga seseorang tidak mudah terserang penyakit. Tetapi, aktivitas fisik tersebut harus dilakukan dengan tepat guna mendapatkan hasil yang optimal. Menurut penelitan ahli kesehatan, olahraga yang dilakukan secara berlebihan dengan intensitas tinggi bisa menurunkan imunitas tubuh seseorang, dan hal tersebut membuatnya rentan terserang penyakit. Untuk itu, olahraga sebaiknya dilakukan dengan intensitas yang sedang atau tidak berlebihan.

2. Hindari Stres

Stres diketahui dapat membuat daya tahan tubuh seseorang menurun. Sehingga, dengan adanya Covid-19, sebaiknya kita tidak mudah percaya dengan informasi yang tersebar di berbagai media, terutama media sosial yang kerap menyebarkan berita hoax. Perilaku tersebut malah membuat kita khawatir berlebihan dan menjadi stres.

Kemudian, meskipun bekerja di rumah, sebaiknya kita tidak melupakan istirahat. Bekerja terlalu keras hanya akan membuat pikiran menjadi stres. Ketika stres datang, daya tahan tubuh pun menurun dan virus mudah menyerang tubuh. Cobalah untuk tetap happy di tengah situasi pandemi saat ini.

3. Asupan Gizi Makanan Sehat untuk Tubuh
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1666 seconds (0.1#10.140)