Manfaat Kurma untuk Penderita Diabetes dan Batasan Konsumsinya

Selasa, 09 November 2021 - 14:27 WIB
loading...
Manfaat Kurma untuk Penderita Diabetes dan Batasan Konsumsinya
Manfaat kurma untuk penderita diabetes dan batasan konsumsinya penting untuk diketahui. Kurma kaya akan berbagai nutrisi, termasuk magnesium dan potasium. Foto/Arif Julianto.
A A A
JAKARTA - Manfaat kurma untuk penderita diabetes dan batasan konsumsinya penting untuk diketahui. Kurma kaya akan berbagai nutrisi, termasuk magnesium dan potasium yang bisa membantu mencegah lonjakan gula darah .

Kurma juga merupakan sumber serat, karbohidrat, dan antioksidan yang baik. Banyak penelitian telah meneliti efek obat dan nutrisi kurma. Beberapa nutrisi dan senyawa dalam kurma dapat bermanfaat bagi penderita diabetes dan resistensi insulin.

Pasien diabetes sendiri memiliki keharusan dalam menjaga asupan gula harian. Meski dibatasi, pasien diabetes tetap dianjurkan mengonsumsi gula sebagai sumber energi alami tubuhnya.

Dilansir dari Medical News Today, Selasa (9/11/2021) gula dalam buah yang direkomendasikan dokter adalah kurma. Ahli Gizi dr Lisa Hodgson menerangkan bahwa orang dengan diabetes bisa makan dua sampai tiga buah kurma sekaligus per hari.


"Namun, pasien diabetes tetap harus berbicara dengan dokter pribadi mereka untuk memastikan jumlah tersebut aman atau tidak dengan kondisi penyakitnya," kata dr Hodgson.

Kurma sendiri mengandung 314 kalori per 100 gram. Misalnya kurma Medjool, memiliki ukuran dua kali lipat dari kurma pada umumnya. Pada 24 gram kurma Medjool, diketahui mengandung 66,5 kalori, 18 gram karbohidrat, 16 gram gula, 1,61 gram serat.

"Serat kurma membantu tubuh menyerap karbohidrat secara pelahan dan itu artinya mengurangi risiko lonjakan gula darah. Mengombinasikan kurma dengan almon baik juga untuk menurunkan kadar gula darah," jelas dr Hodgson.

Tak hanya gula, pada dasarnya pasien diabetes juga perlu membatasi asupan karbohidratnya untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1410 seconds (0.1#10.140)