Kolesterol Naik Setelah Vaksin Covid-19, Ini Penjelasannya

Jum'at, 26 November 2021 - 08:05 WIB
loading...
Kolesterol Naik Setelah Vaksin Covid-19, Ini Penjelasannya
Kolesterol naik setelah vaksin Covid-19 dikeluhkan banyak orang. Peneltian melihat dampak salah satu vaksin Covid-19 terhadap kenaikan kadar kolesterol. Foto/Everyday Health.
A A A
JAKARTA - Kolesterol naik setelah vaksin Covid-19 dikeluhkan banyak orang. Sebuah peneltian melihat dampak salah satu vaksin Covid-19 yakni Pfizer terhadap kenaikan kadar kolesterol seperti yang dikeluhkan masyarakat.

Dalam penjelasan tersebut, peneliti menyebut bahwa seharusnya masyarakat tidak khawatir dengan reaksi vaksin sebab peneliti tidak mengetahui adanya bukti bahwa lipid ini meningkatkan trigliserida.

Sebagaimana diketahui vaksin Pfizer adalah vaksin yang menggunakan sistem nucleoside-modified messenger RNA (modRNA) untuk menghasilkan respons imun terhadap protein lonjakan SARS-CoV-2. Pasien dengan infeksi Covid-19 biasanya memiliki TC, LDL-C, dan HDL-C yang lebih rendah.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Menurunkan Kolesterol Tinggi, Tanpa Obat dan Alami

Pada orang yang berhasil sembuh dari infeksi Covid-19, tingkat ini biasanya kembali ke kondisi awal yakni 9 hari setelah infeksi. Pada pasien yang meninggal karena infeksi Covid-19, tingkat kolesterol total (TC), kolesterol jahat (LDL-C), dan kolesterol baik (HDL-C) terus menurun tanpa pemulihan.

Namun, tidak ada hubungan yang diketahui antara vaksinasi Covid-19 dan peningkatan trigliserida (TG), sejauh ini. Laporan kasus ini menimbulkan banyak pertanyaan menarik.

Dilansir dari European View, Jumat (26/11/2021), penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menyelidiki dampak potensial yang mungkin ditimbulkan oleh vaksinasi Pfizer dan vaksin Covid-19 lainnya.



Baca Juga: 5 Minuman Penyebab Kolesterol Tinggi, Jangan Keseringan Dikonsumsi
(dra)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2296 seconds (11.97#12.26)