BTS Ajukan Penundaan Wajib Militer hingga Tahun Depan

Jum'at, 26 November 2021 - 16:48 WIB
loading...
BTS Ajukan Penundaan Wajib Militer hingga Tahun Depan
BTS dilaporkan mengajukan penundaan wajib militer (wamil) hingga tahun depan. Penundaan diajukan setelah amandemen Undang-Undang Dinas Militer diterapkan. Foto/Soompi.
A A A
JAKARTA - BTS dilaporkan mengajukan penundaan wajib militer (wamil) hingga tahun depan. Menurut YTN, semua anggota BTS mengajukan penundaan pendaftaran setelah amandemen Undang-Undang Dinas Militer diterapkan bagi mereka yang berprestasi di bidang budaya dan seni populer.

Sebelumnya, pemerintah memberlakukan peraturan presiden yang memungkinkan seniman budaya pop yang menerima medali budaya untuk menunda pendaftaran wamil hingga usia 30 tahun jika mereka direkomendasikan oleh Menteri Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata.

BTS Ajukan Penundaan Wajib Militer hingga Tahun Depan


BTS dianugerahi Order of Cultural Merit pada 2018 atas pencapaiannya sebagai penyanyi Korea pertama yang menduduki peringkat No.1 di tangga lagu Billboard 200 dengan dua album berturut-turut, yang menetapkan tonggak baru bagi K-Pop. BTS menjadi penyanyi termuda dan pertama yang pernah menerima Order of Cultural Merit.

“Jika BTS mengajukan penundaan pendaftaran militer, tentu saja akan direkomendasikan. Kemungkinan BTS akan dapat menunda pendaftaran mereka hingga usia 30 tahun," kata Menteri Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea pada bulan Juni dilansir dari KBIZoom, Jumat (26/11/2021).

BTS Ajukan Penundaan Wajib Militer hingga Tahun Depan


Baca Juga: Selamat! Nagita Slavina Melahirkan Anak Kedua, Laki-laki

Hasilnya, BTS diharapkan dapat berpromosi sebagai grup lengkap sebelum ulang tahun ke-30 anggota tertua mereka, Jin yaitu pada Desember 2022.

Sementara itu, juru bicara Kementerian Pertahanan Boo Seung-chang mengatakan dalam jumpa pers sebelumnya bahwa memperluas cakupan untuk memasukkan personel seni dan olahraga adalah pilihan yang sulit dan perlu hati-hati.

BTS Ajukan Penundaan Wajib Militer hingga Tahun Depan


"Kami tidak punya pilihan selain mempertimbangkan variabel situasi saat ini. Di antara yang paling cepat, penurunan tajam dalam populasi kemungkinan akan menjadi yang terbesar," jelas Boo Seung-chang.

"Segera, konsensus sosial akan dibutuhkan. Bisa dibilang, ini bukan pendaftaran militer yang adil,” sambungnya.

BTS Ajukan Penundaan Wajib Militer hingga Tahun Depan


Baca Juga: Fantastis! Segini Biaya Melahirkan Caesar Nagita Slavina

Boo Seung-chang pun mengungkapkan penentangannya terhadap pembebasan BTS dari wajib militer. Majelis Nasional Korea juga memulai pembahasan pertama tentang revisi tersebut, namun pembahasan tersebut ditunda tanpa mencapai kesimpulan apa pun.
(dra)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2330 seconds (11.210#12.26)