Makanan Pencegah Rambut Cepat Beruban, Wijen Hitam si Kecil Kaya Manfaat

Minggu, 28 November 2021 - 13:35 WIB
loading...
Makanan Pencegah Rambut Cepat Beruban, Wijen Hitam si Kecil Kaya Manfaat
Makanan pencegah rambut cepat beruban, diantaranya wijen hitam si kecil yang kaya manfaat. Foto/Ilustrasi/pinterest
A A A
JAKARTA - Makanan pencegah rambut cepat beruban sebetulnya mudah dan banyak ditemui. Biji wijen hitam ini, konon mampu juga menajamkan penglihatan.

Memiliki rambut hitam dan lebat pada umumnya menjadi impian banyak orang di Indonesia terutama para wanita. Akan tetapi, seiring bertambahnya usia, warna rambut secara perlahan akan berubah warna menjadi abu-abu keputihan atau biasa disebut uban.

Munculnya uban tidak hanya dipengaruhi oleh faktor usia, tetapi juga pola hidup yang tidak sehat. Sebagai informasi bahwa beruban adalah hasil akhir dari kekurangan melanosit yaitu sel yang memberikan pigmen pada rambut.

Namun, Anda tidak perlu khawatir rambut yang sudah mulai beruban dapat diatas dengan bahan alami yakni dengan biji wijen hitam. Menurut ahli kebugaran dan nutrisi, Nataly Komova satu biji wijen hitam dapat mengatasi akar penyebab uban dan membantu rambut mempertahankan warnanya.



Dilansir dari Express UK, beberapa ilmu pengetahuan menunjukkan biji wijen bermanfaat sebagai penangkal uban karena menutrisi kulit kepala dengan nutrisi penting yang meningkatkan aktivitas melanosit.

Nataly Komova menjelaskan bahwa biji wijen hitam dianggap sebagai salah satu makanan anti penuaan terbaik. Menurutnya, biji wijen hitam mengandung antioksidan dalam jumlah yang tinggi diantara nutrisi penting lainnya.

“Biji wijen hitam menyehatkan vitamin seperti kalsium, magnesium, vitamin B1, tembaga, seng, fosfor, asam amino, serat makanan dan selenium. Selain itu, biji yang berkhasiat ini juga mengandung antioksidan alami seperti sesamolin, sesamol, dan sesamin,” katanya.

Lebih lanju, Komova menambahkan bahwa komponen antioksidan dalam biji wijen hitam dapat memberikan nutrisi rambut, merangsang pertumbuhan rambut dan menyehatkan kulit kepala. Karena meningkatkan aliran darah ke area kulit kepala.



“Dengan melakukan ini, biji wijen hitam menyelesaikan akar rambut beruban, memberi warna hitam baru pada rambut Anda. Mereka juga mempromosikan aktivitas melanosit - ini meningkatkan produksi pigmen melanin yang bertanggung jawab untuk memberi warna hitam pada rambut, membalikkan kondisi rambut beruban,” pungkasnya.

Tidak hanya bermanfaat untuk mencegah penuaan dan rambut beruban, kandungan senyawa bioaktif dalam biji wijen hitam juga memiliki khasiat lainnya yaitu bagus untuk meningkatkan pendengaran dan ingatan, serta baik untuk menajamkan penglihatan.

Selain itu, menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition menunjukkan bahwa wijen hitam dapat membantu wanita pasca menopause dengan regulasi hormon.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1438 seconds (0.1#10.140)