Pemerintah California Izinkan Film dan Acara TV Diproduksi Kembali

Minggu, 07 Juni 2020 - 10:21 WIB
loading...
Pemerintah California Izinkan Film dan Acara TV Diproduksi Kembali
Salah satu adegan dalam film Mission: Impossible - Fallout. Gubernur California telah mengizinkan film dan acara TV untuk diproduksi kembali. Foto/Associated Press
A A A
LOS ANGELES - Industri hiburan Amerika akan kembali menggeliat setelah pemerintah negara bagian California mengizinkan dioperionalkannya kembali produksi film dan program TV.

Gubernur California Gavin Newsom telah mengumumkan hal tersebut pada Jumat (5/6), setelah ia mendapat persetujuan dari pihak otoritas kesehatan setempat, dalam hal ini Departemen Kesehatan Masyarakat Amerika Serikat (AS). Hanya, operasional film dan acara TV harus tetap mengacu pada protokol kesehatan. ( )

Sejumlah fasilitas umum dan kegiatan warga di Amerika berangsur mulai dikurangi pembatasannya. Untuk fasilitas umum dan kegiatan hiburan, Departemen Kesehatan Masyarakat AS bahkan sudah mengeluarkan panduan, khususnya bagi sekolah, day care, dan kasino saat akan dibuka kembali.

Namun, lembaga tersebut sama sekali belum memberikan guidelines untuk pengaktifan kembali industri musik, film, dan TV yang sejak Maret lalu terhenti akibat pandemi COVID-19. Hal itu diketahui telah membuat penayangan serta produksi sejumlah film layar lebar yang ditunggu-tunggu penonton harus tertunda.

Organisasi para produser, yakni Alliance of Motion Picture and Television Producers, lantas mengajukan draft setebal 22 halaman kepada pihak otoritas, berisi rekomendasi terkait pengaktifan kembali industri hiburan pada Senin (1/6) lalu. Baru pada Jumat kemarinlah izin itu diberikan, khusus untuk negara bagian New York, California, dan Los Angeles County.

Pelaku industri hiburan diwajibkan menerapkan protokol kesehatan yang berlaku. Seperti memakai masker dan social distancing. Menurut seorang sumber kepada laman Fox News, kebijakan baru ini agaknya bakal membuat biaya produksi membengkak sebanyak 20%. ( )

Diharapkan panduan atau guidelines untuk para pelaku industri hiburan AS bisa dikeluarkan awal pekan besok, dan mereka dapat kembali bekerja pada beberapa hari mendatang.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2167 seconds (0.1#10.140)