Stres saat Hamil, Waspadai Efek Buruknya

Senin, 29 November 2021 - 15:47 WIB
loading...
Stres saat Hamil, Waspadai Efek Buruknya
Stres saat hamil harus diwaspadai karena akan berdampak buruk pada janin. Bahkan hingga si anak lahir. Foto Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Stres saat hamil harus diwaspadai karena akan berdampak buruk pada janin. Bahkan hingga si anak lahir.

Stres adalah bagian normal dari kehidupan dan tak bisa dilepaskan dari hidup manusia. Hanya, meski merupakan bagian normal kehidupan, tapi yang namanya stres pasti memiliki dampak negatif bagi orang yang mengalaminya.

Baca Juga: 9 Cara Efektif dan Mudah untuk Cegah Infeksi Liver

Tak terkecuali bagi ibu hamil yang rawan mengalami stres karena didorong berbagai faktor. Mulai dari perubahan fisik, perubahan hormon, kecemasan takut mengalami keguguran, takut melahirkan, kelelahan, pekerjaan, finansial, dan masih banyak lagi.

Bagi Anda yang sedang mengandung, hati-hati karena stres bisa berdampak buruk bagi kehamilan Anda. Bahkan efeknya masih dapat terjadi saat anak sudah lahir. Maka itu, ada baiknya untuk mengenali apa saja efek buruk stres saat hamil.

Merangkum laman Healthline, Senin (29/11/2021), yang sudah ditinjau secara medis oleh Dr. Carolyn Kay, M.D, seorang spesialis kebidanan dan kandungan. Berikut ulasan singkat empat efek buruk stres saat hamil.



1. Lonjakan Tekanan Darah

Stres saat hamil yang dirasakan oleh sang ibu bisa menyebabkan lonjakan tekanan darah jangka pendek. Meski dapat memicu terjadinya preeklamsia, komplikasi kehamilan yang memengaruhi tekanan darah dan organ sang ibu sehingga menyebabkan kelahiran bayi lebih awal, mengalami stres bukan otomatis sang ibu akan mengalami tekanan darah tinggi atau preeklamsia.

2. Keguguran
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1717 seconds (10.55#12.26)