Pfizer Segera Rilis Vaksin untuk Lawan Omicron

Selasa, 30 November 2021 - 09:29 WIB
loading...
Pfizer Segera Rilis Vaksin untuk Lawan Omicron
BioNTech bekerja Pfizer tengah mengembangkan vaksin Covid-19 yang bisa melawan varian Omicron. Foto/AFP/Andrej Ivanov
A A A
JAKARTA - Perusahaan farmasi asal Jerman BioNTech bekerja sama dengan Pfizer tengah mengembangkan vaksin Covid-19 yang bisa melawan varian Omicron . Hasil analisis terkait kemampuan vaksin melawan varian B.1.1.529 tersebut diperkirakan rilis 100 hari dari sekarang.

Varian Omicron menjadi kekhawatiran global karena tingginya jumlah mutasi dan kemampuan menular yang sangat cepat. Beberapa informasi bahkan mengatakan bahwa varian ini mampu menghindari kekuatan vaksin yang sudah ada.



"Vaksin Pfizer yang kami kembangkan tengah diteliti apakah tetap bisa melawan varian Omicron berdasarkan eksperimen berbasis laboratorium," tulis laporan The Guardian, dikutip Selasa (30/11/2021).

Jika dirasa kurang kuat kemampuannya, BioNTech siap mengubah vaksinnya agar lebih kompeten dalam melawan varian baru yang diidentifikasi pertama kali di Afrika Selatan tersebut.

Sementara itu, Moderna kini tengah menguji tiga kandidat vaksin booster yang ada untuk melawan varian Omicron dan siap mengembangkan vaksin baru khusus untuk melawan Omicron.

"Sejak awal, kami bersikap proaktif dalam menghadapi pandemi, termasuk munculnya varian atau mutasi Covid-19 baru. Mutasi pada varian Omicron cukup mengkhawatirkan, karena itu kami bergerak cepat menciptakan solusi," kata Stephane Bancel, Kepala Eksekutif Moderna.

Baca Juga: 3 Fakta Mengejutkan Virus Omicron, Epidemiolog: Jangan Pandang Sebelah Mata

Di sisi lain, ada vaksin Johnson & Johnson yang ikut mengonfirmasi bahwa perusahaan tengah menguji efektivitas vaksin terhadap varian baru untuk membaca apakah vaksin Johnson & Johnson tetap mampu melawan Omicron.

Bahkan AstraZeneca sudah lebih awal melakukan penelitian langsung di Botswana dan Eswatini, lokasi varian Omicron pertama kali ditemukan. Peneliti AstraZeneca tengah mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya untuk menganalisis vaksin mereka apakah kompeten melawan varian Omicron atau tidak.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1599 seconds (0.1#10.140)