Hari AIDS Sedunia, Ini Sejarah, Makna, dan Tujuannya

Selasa, 30 November 2021 - 22:03 WIB
loading...
Hari AIDS Sedunia, Ini Sejarah, Makna, dan Tujuannya
Hari AIDS Sedunia diperingati setiap 1 Desember. Peringatan tahunan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan AIDS dan penyebaran HIV. Foto/UNRCCA.
A A A
JAKARTA - Hari AIDS Sedunia diperingati setiap 1 Desember. Peringatan tahunan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan epidemi global AIDS (acquired immunodeficiency syndrome) dan penyebaran HIV (human immunodeficiency virus).

Dilansir dari Britannica, Selasa (30/11/2021), terpilihnya 1 Desember Hari AIDS Sedunia ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 1988. Tujuannya adalah untuk memfasilitasi pertukaran informasi antara pemerintah nasional dan lokal, organisasi internasional, dan individu.

Ketika Hari AIDS Sedunia pertama diadakan pada 1988, diperkirakan ada sekira 90 ribu hingga 150 ribu orang terinfeksi HIV, yang menyebabkan AIDS.

Baca Juga: Diabetes, 5 Sayur Penurun Gula Darah Tinggi yang Ampuh

Sebagaimana diketahui, HIV adalah suatu virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. Sementara AIDS bukanlah suatu penyakit melainkan kondisi di mana seseorang yang terkena HIV dan bertambah berat tingkat keparahannya.

Dalam dua dekade lebih dari 33 juta orang hidup dengan infeksi HIV, dan sejak 1981, ketika kasus AIDS pertama dilaporkan, ada sekira 25 juta orang meninggal karena penyakit tersebut.

Akibatnya, kesadaran AIDS menjadi semakin peduli dengan mendidik masyarakat tentang HIV/AIDS melalui penyatuan dan dukungan keuangan dari organisasi internasional.

Baca Juga: Diabetes, 8 Makanan Ini Ampuh Turunkan Kadar Gula Darah dengan Cepat
(dra)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1347 seconds (10.177#12.26)