7 Cara Alami Kurangi Kadar Kolestrol Jahat dalam Tubuh, Gampang dan Tanpa Efek Samping

Kamis, 02 Desember 2021 - 08:33 WIB
loading...
7 Cara Alami Kurangi Kadar Kolestrol Jahat dalam Tubuh, Gampang dan Tanpa Efek Samping
Mengurangi kadar kolesterol jahat bisa dilakukan, salah satunya dengan rutin berolahraga. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Mengurangi kadar kolestrol jahat di dalam tubuh seca alami bisa kalian lakukan dengan cara yang sederhana. Dimulai dengan mengubah pola hidup menjadi lebih sehat, cara tersebut dapat menjaga kadar kolesterol dalam darah tetap terkotrol dengan baik.

Dilansir dari Harvard Health Publishing, hanya dengan mengandalkan obat-obatan semata tanpa dibarengi dengan gaya hidup sehat tak menjamin kadar kolesterol terkontrol. Kolesterol tinggi biasanya terjadi saat kadar kolesterol dalam darah berada di atas kadar normal. Jika terus dibiarkan, maka kolesterol tinggi dapat meningkatka risiko munculnya berbagai penyakit, seperti jantung dan stroke .

Berikut ini beberapa cara mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh secara alami yang perlu dicoba:

1. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Kandungan serat yang terdapar dalam buah dan sayur membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Jumlah sayur dan buah yang disarankan untuk dikonsumsi untuk menurunkan kolesterol jahat adalah sekitar 500 gram setiap harinya.

Baca Juga : 8 Cara Menurunkan Kolesterol dalam 10 Detik, Tanpa Obat

2. Batasi Asupan Gula



Menurut Cleveland Clinic, tingginya supan gula hanya terikait dengan penyakit diabetes. Padahal, konsumsi gula berlebih juga dapat mempengaruhi kadar kolestrol. Mengkosumsi gula berlebih juga dapat menurunkan kadar kolesterol baik dan menghambat enzim pencegah kolesterol trigliserida.
Agar kolesterol dan gula tetap stabil, batasi asupan gula dengan meminimalkan minuman manis, makanan olahan serta makanan yang berkarbohidrat tepung.

3. Pilih Makanan Rendah Lemak

Jika kamu memiliki masalah kolesterol tinggi, pilihlah makanan dengan kadar lemak yang rendah. Kamu bisa mengkonsumsi ikan, ayam, daging sapi tanpa lemak,susu rendah lemak, putih telur, kacang-kacangan, tempe dan tahu. Hindari makanan berlemak seperti goreng-gorengan.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1911 seconds (11.97#12.26)