Dukung Insan Kreatif, Pop Art Jakarta Sajikan Karya Anak Bangsa

Jum'at, 10 Desember 2021 - 00:14 WIB
loading...
Dukung Insan Kreatif, Pop Art Jakarta Sajikan Karya Anak Bangsa
Pop Art Jakarta hadir sebagai panggung para kreator terpilih untuk menunjukkan karya terbaik mereka. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Disparekraf DKI Jakarta bersama Katapel.id menggelar Pop Art Jakarta. Sebuah perayaan IP kreatif bertema "Celebration of Art and Creative Intellectual Property" di Space8 Ashta, District8 SCBD, 4-19 Desember 2021.

Sebelum ajang tersebut digelar, Disparekraf DKI terlebih dahulu melangsungkan berbagai kegiatan dalam pembimbingan dan pelatihan bagi pelaku- pelaku kreatif di Jakarta.

Pop Art Jakarta hadir sebagai panggung para kreator terpilih untuk menunjukkan karya terbaik mereka. Kegiatan ini stimulus bagi masyarakat luas untuk lebih mengetahui bahwa Indonesia memiliki IP-IP berkualitas, bukan hanya untuk pasar dalam negeri, namun juga internasional.

Baca juga: Waspada! WHO Sebut Varian Omicron Sudah Terdeteksi di 57 Negara

Tujuan besar lainnya yakni agar anak-anak muda yang memiliki potensi dapat memantapkan diri untuk terjun dan berkarya di industri ini. Serta kegiatan ini bisa dijadikan kegiatan dalam mempromosikan karya dari kreator-kreator IP dari Jakarta dan membuka potensi bisnis dengan banyak pihak.

IP-IP yang turut serta dalam kegiatan ini antara lain Bumilangit yang diwakili Gundala sebagai salah satu karakternya, Damn! I Love Indonesia, Dalang Pelo, Dudu, GAJELAS®, Gugug!, Persija Juara, Komik Faktap, Mice Cartoon, Milk Mocha Bear, Satria Dewa Gatotkaca, Show The Monster, Si Juki, Soulcops, Tahilalats, Vernalta, dan Yang Terdalam (YTD).

Para pengunjung Pop Art Jakarta akan disuguhkan berbagai macam konsep instalasi seni dari 17 karya, dimana pengunjung dapat berinteraksi dan berfoto sekaligus merasakan pengalaman yang tak terlupakan. Salah satunya adalah instalasi Gundala, IP dari Bumilangit yang hadir dalam nuansa film Gundala.

Kepala Dinas Pariwisata & Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta, Andhika Permata mengungkapkan, Jakarta sebagai Kota Kolaborasi menyambut baik kegiatan ini, dan akan mendukung terus pendorongan industri IP kreatif.

"Kami melihat banyak talenta dan potensi yang besar yang dimiliki para kreator IP. Dan tentu saja, ini adalah bentuk langkah konkret dalam pendorongan ekonomi kreatif khususnya di Jakarta," ujar Andhika melalui keterangan persnya, Kamis (9/12/2021).

Dalam kesempatan yang sama, Program Director Katapel.id, Robby Wahyudi menambahkan bahwa kegiatan Pop Art Jakarta ini bisa diterapkan di tiap kota, sehingga industri IP Indonesia bisa tumbuh secara merata. Dan juga bisa menarik banyak minat calon kreator-kreator IP masa depan.

Baca juga: Sepintas Hampir Sama, Ini Perbedaan Mencolok Asam Urat dan Rematik

Dengan hadirnya Pop Art Jakarta ini diharapkan bisa mempercepat terciptanya ekosistem industri IP kreatif, sehingga Indonesia bisa segera bersaing dengan IP-IP internasional lainnya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1867 seconds (0.1#10.140)