Air Rebusan Daun Salam Efektif Turunkan Kolesterol Tinggi

Sabtu, 11 Desember 2021 - 19:31 WIB
loading...
Air Rebusan Daun Salam Efektif Turunkan Kolesterol Tinggi
Air rebusan daun salam efektif menurunkan kolesterol tinggi. Cara ini sudah terbukti secara ilmiah dan memberikan hasil yang menjanjikan berdasarkan penelitian. Foto/Lifealth.
A A A
JAKARTA - Air rebusan daun salam efektif menurunkan kolesterol tinggi . Cara ini sudah terbukti secara ilmiah dan memberikan hasil yang menjanjikan berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Fakultas Kedokteran Universitas Lampung.

Dikutip dari Sehatq, Sabtu (11/12/2021) di mana penelitian menemukan ekstrak daun salam efektif untuk menurunkan kadar kolesterol . Ini berkat kandungan flavonoid bernama quercetin yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL.

Kandungan tanin pada daun salam juga mencegah penumpukan kolesterol dengan menghambat penyerapan lemak di usus. Jurnal lain menyebutkan bahwa flavonoid pada daun salam bekerja sebagai antioksidan untuk menghambat pembentukan kolesterol.


Temuan mengejutkan lainnya adalah sekitar 35% responden yang mengonsumsi makanan dan minuman dengan flavonoid bisa terlindungi dari penyakit kardiovaskuler, penyakit yang disebabkan karena kadar kolesterol tinggi dalam darah.

Selain itu, daun salam juga memiliki kandungan serat di dalamnya yang akan menghambat penyerapan kolesterol di usus. Kandungan vitamin C, B3, A, dan E dalam daun salam akan menjaga keseimbangan kadar kolesterol jahat dan kolesterol baik di dalam tubuh.

Vitamin C akan menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida yang tinggi. Sementara vitamin A dan E merupakan antioksidan penurun kolesterol jahat, sedangkan vitamin B3 akan meningkatkan kadar kolesterol HDL atau kolesterol baik.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2211 seconds (0.1#10.140)