Apakah Mie Instan Mengandung Kolesterol? Ini Penjelasannya

Selasa, 14 Desember 2021 - 09:04 WIB
loading...
Apakah Mie Instan Mengandung Kolesterol? Ini Penjelasannya
Apakah mie instan mengandung kolesterol? jawabannya adalah fakta. Ini karena mie instan mengandung lemak jenuh yang meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Foto/CTV News.
A A A
JAKARTA - Apakah mie instan mengandung kolesterol ? jawabannya adalah fakta. Ini karena mie instan mengandung lemak jenuh yang jika dikonsumsi berlebihan dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.

Dilansir dari NDTV, Selasa (14/12/2021) memiliki kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan juga diabetes tipe 2 . Mie instan dibuat untuk mampu bertahan lama ketika diproses.

Oleh sebab itu makanan ini rendah kandungan nutrisinya, namun tinggi lemak, kalori dan natrium. Selain itu makanan ini juga dicampur dengan pewarna, pengawet, aditif, dan perasa buatan.

Dokter umum di Madan Mohan Malviya Hopsitl dr. Sunil Sharma mengatakan dalam kebanyakan kasus, monosodium glutamat (MSG) serta tersier-butil hidrokuinon (TBHQ) pengawet kimia yang berasal dari industri minyak bumi, mungkin ada dalam mie instan.

"Meskipun asupan makanan dari unsur-unsur ini diperbolehkan dalam batas, asupan teratur ini dapat menyebabkan masalah kesehatan yang parah," kata dr Sunil.


Salah satu penelitian di Korea Selatan dilakukan untuk mengetahui tentang efek mie instan pada kesehatan manusia. Menurut penelitian tersebut, meskipun mie instan adalah makanan yang nyaman dan lezat, namun bisa meningkatkan risiko sindrom metabolik.

Ini disebabkan oleh natrium tinggi, lemak jenuh yang tidak sehat dan kadar glikemik. Seseorang yang banyak mengonsumsi mie instan memiliki risiko sindrom metabolik lebih tinggi daripada mereka yang makan lebih sedikit.

Konsumsi mie instan tidak hanya dapat memicu obesitas tetapi juga penyakit metabolik seperti diabetes, tekanan darah tinggi, hipertensi, masalah jantung dan sebagainya. Mie instan terbuat dari maida versi tepung terigu yang digiling, dihaluskan dan diputihkan.

Ahli gizi di Rumah Sakit Fortis, New Delhi, dr. Simran Saini menyebut bahwa mie instan yang berbahan dasar maida sarat dengan pengawet dan tidak lain adalah sumber kalori kosong yang merusak semua nutrisi. Konsumsi berlebihan dapat menyebabkan obesitas.

Dalam kebanyakan kasus, terlihat bahwa mie instan berbahan dasar maida ini berdampak buruk pada proses pencernaan. Makanan ini juga dapat mencapai area usus buntu dan memicu infeksi.


Selain itu, sebagian besar makanan olahan mengandung lemak yang tidak begitu baik seperti asam lemak jenuh atau lemak trans. Asam lemak tak jenuh tunggal serta lemak tak jenuh ganda. asam adalah lemak yang baik untuk Anda.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2289 seconds (0.1#10.140)