8 Obat dan Suplemen yang Menyebabkan Kolesterol Tinggi

Selasa, 14 Desember 2021 - 05:05 WIB
loading...
8 Obat dan Suplemen yang Menyebabkan Kolesterol Tinggi
Ada obat dan suplemen umum yang menyebabkan kolesterol tinggi. Beberapa meningkatkan kolesterol hanya sedikit, semetara yang lain menyebabkan kolesterol naik. Foto/Healthline.
A A A
JAKARTA - Ada obat dan suplemen umum yang menyebabkan hiperkolesterolemia atau kolesterol tinggi . Beberapa meningkatkan kolesterol hanya sedikit, sementara yang lain menyebabkan kadar kolesterol naik .

Jenis reaksi dari obat dan suplemen ini pun sangat beragam. Namun, butuh berminggu-minggu atau berbulan-bulan untuk menyebabkan kolesterol tinggi. Jika obat Anda dapat menyebabkan kolesterol tinggi, bicarakan dengan dokter.

Pastikan segera menghentikan konsumsi obat tersebut atau beralih ke obat yang tidak meningkatkan kadar kolesterol. Konsultasikan dengan dokter sebelum melakukan perubahan apa pun. Berikut obat dan suplemen yang menyebabkan kolesterol tinggi seperti dilansir dari Everyday Health, Selasa (14/12/2021).


1. Rosiglitazone (Avandia)

Obat ini dapat meningkatkan kolesterol dan bahkan memiliki reaksi yang mengancam jiwa, yang telah menyebabkan Inggris dan Afrika Selatan menarik obat ini dari negara mereka. Di AS, obat tersebut masih disetujui oleh Food and Drug Administration.

2. Vitamin D

Terlalu banyak mengonsumsi vitamin D dapat menyebabkan kelebihan kalsium dalam darah, dan ini dapat menyebabkan hiperkolesterolemia.

3. Diuretik

Obat ini membantu menurunkan tekanan darah. Diuretik thiazide dan loop diketahui meningkatkan kolesterol total, kolesterol jahat LDL dan gula darah. Hydrochlorothiazide (HCTZ) dijual sebagai obat itu sendiri, dan juga ditemukan dalam lusinan obat kombo yang dijual dengan berbagai nama merek, biasanya diakhiri dengan HCT. Obat apa pun yang mengandung HCTZ atau furosemid dapat menyebabkan kolesterol tinggi.

4. Escitalopram (Lexapro)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2136 seconds (0.1#10.140)