Satu Pekerja Pembersih Wisma Atlet Terkonfirmasi Omicron, Ini Kata Menkes Budi Gunadi Sadikin

Kamis, 16 Desember 2021 - 11:14 WIB
loading...
Satu Pekerja Pembersih Wisma Atlet Terkonfirmasi Omicron, Ini Kata Menkes Budi Gunadi Sadikin
Menkes Budi Gunadi Sadikin menyampaikan bahwa varian baru Covid-19 Omicron, sudah masuk ke Indonesia. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyampaikan bahwa varian baru Covid-19 Omicron , sudah masuk ke Indonesia. Hal tersebut ia sampaikan dalam Keterangan Pers Terkait Perkembangan Pandemi Covid-19 yang disiarkan langsung di channel YouTube Kementerian Kesehatan, Kamis (16/12/2021).

Dalam penjelasannya, kasus Omicron pertama yang terdeteksi di Indonesia menginfeksi seorang pekerja pembersih di Wisma Atlet berinisial N. Kasus ini sudah terkonfirmasi pada 15 Desember 2021 dan data-data sudah dikonfirmasi ke GISAID, dan telah dikonfirmasi kembali dari GISAID yang memastikan hasil genome sequencingnya adalah Omicron.

“Pada 8 Desember sampelnya diambil secara rutin oleh tim Wisma Atlet, kemudian dikirmkan ke Kemenkes untuk dilakukan whole genome sequencing (WGS), kami terima pada 10 Desember dan kita lihat ada 3 pekerja pembersih di Wisma Atlet yang positif PCR nya, namun yang terkonfirmasi positif Omicron adalah 1 orang,” kata Menkes Budi.



Lebih lanjut ketiga pembersih Wisma Atlet yang diketahui positif Covid-19, semuanya dalam kondisi sehat alias tanpa gejala. Ketiga pasien ini dikarantina di Wisma Atlet dan menurut kabar terbaru, dari hasil tes PCR kedua, ketiganya dinyatakan sudah negatif Covid-19.

“Satu dari 3 positif Omicron. Ketiga orang ini tanpa gejala, jadi mereka ini masih sehat, tidak ada demam, juga batuk-batuk. Kemudian mereka bertiga juga sudah di tes PCR kembali. Dan dari hasil tes PCR sudah negatif,” tuntasnya.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1946 seconds (0.1#10.140)