Tips Semangat Menjalankan Puasa Selama Pandemi Covid-19

Kamis, 23 April 2020 - 07:18 WIB
loading...
Tips Semangat Menjalankan Puasa Selama Pandemi Covid-19
Puasa Ramadhan tahun ini akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pandemi Covid-19 membuat umat Muslim dianjurkan ibadah puasa di rumah. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Puasa Ramadhan tahun ini akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Adanya pandemi Covid-19 membuat umat Muslim dianjurkan untuk menunaikan ibadah puasa di rumah masing-masing.

Selain imbauan untuk beribadah di rumah, selama pandemi, umat Muslim juga disarankan untuk menjaga jarak fisik atau physical distancing sehingga membuat kegiatan yang rutin dilakukan saat Ramadhan seperti shalat tarawih dan buka puasa bersama ditiadakan.

Meski terasa berbeda dari tahun sebelumnya, datangnya bulan suci Ramadhan tetap harus disambut dengan semangat. Ahli gizi dan Direktur MesaAcademy Emilia Achmadi, MS., RDN mengatakan ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membangkitkan semangat puasa selama pandemi Covid-19.

"Ada berbagai cara untuk bisa tetap semangat seperti mendengarkan musik, istirahat dengan cukup dan mencoba hal-hal baru," kata Emilia.

Selain itu, semangat menjalankan ibadah puasa juga bisa dibangkitkan dengan cara mencoba hal-hal baru. Salah satunya mencoba berbagai resep masakan yang belum pernah dicoba, seperti halnya resep makanan yang menggunakan yogurt sebagai bahannya.

"Yogurt adalah produk olahan susu yang telah difermentasi sehingga laktosa diubah menjadi asam laktat (lactic acid), dan yogurt memiliki kandungan-kandungan yang bermanfaat untuk tubuh," papar Emilia.

Emilia menjelaskan bahwa yogurt mengandung bakteri baik yang masih hidup dan serat pangan yang bermanfaat untuk membantu fungsi tubuh. Di sisi lain, kandungan kalsium pada yogurt dapat membantu memperkuat tulang dan gigi, vitamin B6 dan B12, riboflavin, kalium, kalsium dan magnesium terbukti menyehatkan tubuh.

Sementara kandungan probiotik pada yogurt dapat membantu memperkuat daya tahan tubuh. "Yogurt adalah pilihan camilan yang lezat, segar, dan bergizi. Selain dinikmati sebagai camilan, yogurt juga bisa digunakan sebagai bahan masakan. Selama di rumah aja, saya sudah mencoba membuat berbagai hidangan menggunakan yogurt, mulai dari appetizer (hidangan pembuka), main course (hidangan utama), dessert dan snack," tandasnya.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1653 seconds (0.1#10.140)