Pentingnya Asupan Gizi Harian Agar Tetap Fit Selama Puasa Ramadhan

Kamis, 23 April 2020 - 12:29 WIB
loading...
Pentingnya Asupan Gizi Harian Agar Tetap Fit Selama Puasa Ramadhan
Saat berpuasa, seseorang harus bisa mengatur pola konsumsi baik saat sahur, berbuka dan saat malam hari dengan nutrisi yang seimbang. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Puasa merupakan momen di mana orang tidak makan dan minum di waktu tertentu untuk melakukan ibadah sekaligus menjaga pola hidup sehat. Pada saat berpuasa, seseorang harus bisa mengatur pola konsumsi baik saat sahur, berbuka dan saat malam hari dengan nutrisi yang seimbang, agar mendapatkan manfaat dari berpuasa yang baik bagi kesehatan.

“Bagi teman-teman yang menunaikan ibadah puasa, jangan lupa untuk memenuhi asupan gizi harian agar bisa tetap fit dan memiliki daya tahan tubuh yang kuat," kata Ahli gizi dan Direktur MesaAcademy, Emilia Achmadi, MS., RDN melalui keterangan resmi yang diterima Sindonews, Rabu (22/4).

Sementara, untuk membantu memenuhi asupan gizi selama bulan puasa, Emilia menyarankan untuk melakukan beberapa hal. Pertama, minum dua gelas susu setiap hari, yaitu segelas susu saat sahur dan segelas susu setelah berbuka puasa. Emilia mengungkapkan, sudah bukan rahasia lagi jika susu memberikan banyak manfaat untuk kesehatan.

"Susu mengandung kalsium, protein, dan berbagai vitamin yang baik untuk tubuh kita," ungkap Emilia.

Selanjutnya, Emilia menyarankan mencoba untuk memilih camilan yang lebih sehat seperti buah-buahan, yogurt dan keju saat berbuka puasa dan sebelum tidur. Selama puasa, penting juga untuk mengganti camilan yang mengandung kadar gula atau lemak yang berlebih, dengan camilan yang lebih bernutrisi dan bermanfaat untuk kesehatan.

"Yogurt adalah produk olahan susu yang telah difermentasi sehingga laktosa diubah menjadi asam laktat (lactic acid), dan yogurt memiliki kandungan-kandungan yang bermanfaat untuk tubuh. Yogurt mengandung bakteri baik yang masih hidup dan serat pangan yang bermanfaat untuk membantu fungsi tubuh," jelasnya.

Sementara itu, kalsium pada yogurt membantu memperkuat tulang dan gigi, vitamin B6 dan B12, riboflavin, kalium, kalsium dan magnesium terbukti menyehatkan tubuh. Begitu juga kandungan probiotik pada yogurt membantu memperkuat daya tahan tubuh.

"Yogurt adalah pilihan camilan yang lezat, segar, dan bergizi. Selain dinikmati sebagai camilan, yogurt juga bisa digunakan sebagai bahan masakan," tandasnya.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1676 seconds (0.1#10.140)