Sambut Hari Ibu, Yuk Dukung Para Bunda Berikan ASI Berkualitas untuk Bayi

Rabu, 22 Desember 2021 - 23:15 WIB
loading...
Sambut Hari Ibu, Yuk Dukung Para Bunda Berikan ASI Berkualitas untuk Bayi
ASI merupakan makanan terbaik bagi bayi. Foto/Baby Delight
A A A
JAKARTA - Momentum Hari Ibu yang diperingati pada 22 Desember menjadi bagian penting bagi para ibu di Indonesia, khususnya kepada ibu-ibu yang sedang menyusui anaknya. Seperti diketahui, Air Susu Ibu (ASI) adalah sumber makanan terbaik bagi bayi

Praktisi kesehatan, dr.Boy Abidin, Sp.OG, menjelaskan ASI ini merupakan sumber asupan nutrisi penting untuk perkembangan bayi. Ia mengatakan dengan diberikannya asupan ASI ini maka bisa membuat bayi tumbuh sehat dan cerdas. Selain itu, ASI dapat pula melindungi bayi dari kuman serta dapat mencegah diare dan malnutrisi.

“Di dalam ASI itu terkandung asam lemak yang bermanfaat bagi perkembangan otak, dan juga membantu perkembangan sensorik dan kognitif pada bayi,” jelas dokter spesialis kebidanan dan penyakit kandungan.

Dalam kesempatan tersebut, Boy turut pula menjelaskan peranan penting DHA terhadap perkembangan otak bayi. Ia menganjurkan kepada setiap ibu hamil untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan asam lemak esensial.

Baca Juga : Agar ASI Cukup Nutrisi, Konsumsi 6 Makanan Ini Saat Menyusui!

“Asam lemak rantai panjang yang paling banyak didapatkan dalam fosfolipid otak adalah AA dan DHA. Sementara DHA itu dapat diperoleh dari makanan karena tubuh manusia tidak dapat membuatnya sendiri,” jelas Boy yang juga berprofesi sebagai konsultan fertilitas endokrinologi reproduksi ini.

Sambut Hari Ibu, Yuk Dukung Para Bunda Berikan ASI Berkualitas untuk Bayi

(ki-ka) Jamilatus Sadiyah, dr.Boy Abidin, Sp.OG danYurita Tjahaja.

Boy mengatakan sumber makanan yang banyak mengandung asam lemak esensial adalah minyak kanola, minyak kenari, sayuran berdaun hijau, minyak ikan, serta ikan kembung, salmon, tuna, dan sarden. “Bagi ibu hamil juga bisa mendapatkan DHA ini dari suplemen khusus untuk ibu hamil yang kaya DHA,” ujarnya pada launching produk Lancar ASI Plus DHA di Jakarta, Rabu (22/12)..

Sementara itu terkait manfaat ASI, Boy juga memaparkan hal ini bisa lebih memperkuat ikatan emosional antara ibu dan bayi. Dengan pemberian ASI yang baik dan teratur, maka dapat pula memberikan manfaat kepada sang ibu untuk terhindar dari risiko terkena kanker rahim dan payudara.

“ASI ini juga penting dalam membantu ibu untuk memberi jarak terhadap kelahiran metode kontrasepsi alami,” ujarnya.

Sebagai sumber asupan nutrisi penting untuk perkembangan bayi maka ASI yang lancar adalah kuncinya. Untuk mendukung hal tersebut, PT Mecosin Indonesia memberikan solusi terbaik dengan mengeluarkan produk Lancar ASI Plus DHA.

“Kami ingin para ibu yang sedang menyusui bisa memberikan ASI terbaiknya buat bayi-bayi mereka. Momentum Hari Ibu ini rasanya menjadi sangat penting untuk kembali mengingatkan manfaat ASI kepada bayi maupun para wanita yang baru memiliki bayi,” kata Yurita Tjahaja, Direktur Utama PT Mecosin Indonesia.

Baca Juga : Makanan Favorit Raja Arab Saudi, 2 Menu Ini Selalu Dikonsumsi Tiap Hari

Yurita mengatakan pada produk terbaru Lancar ASI Plus DHA ini pihaknya masih tetap menggunakan bahan utama dari ekstrak daun katuk (Sauropus androgynus). Berdasarkan riset ilmiah, ekstrak daun katuk dan DHA ini mempunyai fungsi ganda (double action) yaitu daun katuk bermanfat untuk meningkatkan air susu ibu dan DHA yang berguna untuk tumbuh kembang otak si kecil.
(wur)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.4285 seconds (11.252#12.26)