Doddy Sudrajat Temui Komnas PA soal Dugaan Eksploitasi Gala, Ini Kata Arist Merdeka Sirait

Jum'at, 24 Desember 2021 - 17:50 WIB
loading...
Doddy Sudrajat Temui Komnas PA soal Dugaan Eksploitasi Gala, Ini Kata Arist Merdeka Sirait
Ayah Vanessa Angel, Doddy Sudrajat, bertemu dengan Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA), Arist Merdeka Sirait menyinggung soal dugaan eksploitasi cucunya, Gala Sky. Foto/Lintang Tribuana/MPI
A A A
JAKARTA - Ayah Vanessa Angel , Doddy Sudrajat, bertemu dengan Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA), Arist Merdeka Sirait. Dalam kesempatan itu, dia menyinggung soal dugaan eksploitasi terhadap Gala Sky yang dilakukan pihak keluarga Bibi Ardiansyah.

"Ada keluhan juga dari Pak Doddy apakah pemanfaatan situasi Gala eksploitatif atau tidak," kayta Arist di Komnas PA, Jumat (24/12/2021).

"Saya katakan jika unsur eksploitasinya terpenuhi, memanfaatkan, membuat anak tidak nyaman dan sebagainya itu adalah eksploitasi dan itu tidak dibenarkan oleh undang-undang," jelasnya.

Mengenai keluhan Doddy ini, Komnas PA masih harus menelusuri lebih dalam untuk bisa menilai. Jika memang ditemukan unsur dugaan eksploitasi, tentu lembaga tersebut akan membantu memberi jalan tengah untuk dua keluarga.



"Jadi saya belum bisa menilai betul-betul itu karena saya belum bertemu dengan Pak Faisal. Belum ketemu dengan Gala, karena baru hari ini pak Doddy datang," ujar Arist.

Pihak Komnas PA berencana untuk melakukan kunjungan ke kediaman yang saat ini ditinggali Gala. Mereka ingin mengetahui apakah benar ada unsur eksploitasi anak yang dilakukan oleh keluarga mendiang Bibi.

"Itu lah langkah yang akan dilakukan oleh Komnas Perlindungan Anak, menguji apakah itu eksploitatif atau tidak berdasarkan UU perlindungan anak," ujar Arist.

"Terpenuhi enggak unsur eksploitasinya, jika iya, Komnas Perlindungan Anak tidak akan mundur mengatakan itu eksploitatif," sambungnya.



Selain masalah eksploitasi, Doddy juga berkonsultasi mengenai pengasuhan Gala Sky. Memang belakangan, ayah Vanessa Angel ini bersitegang dengan besannya, Faisal mengenai hak perwalian Gala.

Seperti diketahui, pihak keluarga Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah masing-masing mengajukan penetapan perwalian terhadap Gala Sky ke pengadilan agama (PA). Hingga kini, permohonan perwalian itu masih bergulir di PA Jakarta Barat dan PA Jakarta Pusat.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2447 seconds (0.1#10.140)