Menurunkan Kolesterol saat Liburan, Simak 6 Tips Berikut

Sabtu, 25 Desember 2021 - 18:15 WIB
loading...
Menurunkan Kolesterol...
Menurunkan kolesterol saat liburan Nataru sangat penting diketahui. Sebab gaya hidup dengan pola makan yang tak terkontrol dapat memicu naiknya kadar kolestrol naik. Foto/Ilustrasi/Times of India
A A A
JAKARTA - Menurunkan kolesterol saat liburan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 ( Nataru ) sangat penting diketahui. Sebab gaya hidup dengan pola makan yang tak terkontrol dapat memicu naiknya kadar kolestrol sehingga berpengaruh pada kesehatan.

Sebentar lagi tak terasa sudah mau berganti tahun 2021 ke 2022, liburan pun menanti di depan mata dalam memperingati Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Liburan kadang membuat kita lupa akan kesehatan diri dengan pola makan yang cenderung abai, sehingga bisa mengakibatkan berbagai masalah kesehatan seperti kolesterol.

Pertanyaannya apakah kolesterol dapat disembuhkan? Tentu saja bisa, sembuh dari kolesterol dapat diupayakan dengan mengurangi atau menghindari pemicu untuk meningatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.



Berikut tip menurunkan kadar kolesterol saat liburan, melansir dari berbagai sumber:

1. Hindari Alkohol dan Rokok
Bagi anda yang masih merokok, perlu diketahui dapat menurunkan kadar HDL Anda , kolesterol "baik". Selanjutnya, minum terlalu banyak alkohol dapat meningkatkan kadar kolesterol total Anda.

Selain dapat menurunkan kolesterol baik, kebiasaan merokok juga membuat pembuluh darah menjadi kaku. Akibatnya, risiko untuk terkena penyakit jantung dan stroke akan meningkat.

2. Tambahkan Bumbu Masakan dengan Bawang Putih
Beberapa studi menunjukkan bahwa bawang putih dapat menurunkan darah kadar kolesterol total oleh beberapa persen, tapi hanya dalam jangka pendek.

Sebaliknya tidak mengonsumsi bawang putih menjelang operasi atau dengan obat pengencer darah seperti Coumadin. Sebab bawang putih dapat memperpanjang waktu pendarahan dan pembekuan darah.



3. Protein Whey
Bagi Anda memiliki kolesterol cukup tinggi bisa mengonsumsi protein dari produk susu. Anda juga dapat meminumnya sebagai suplemen, biasanya dalam bentuk bubuk yang dapat Anda tambahkan ke minuman atau makanan ringan.

Studi menunjukkan bahwa suplemen protein whey dapat menurunkan LDL dan kolesterol total. Bisa juga cari supplemen yang bertuliskan NSF Certified for Sport.

4. Kedelai
Mengonsumsi kedelai atau protein kedelai untuk protein telah terbukti mencegah penyakit jantung koroner dengan menurunkan kolesterol LDL dan trigliserida.

Protein kedelai terdapat pada tahu, tempe, susu kedelai, yogurt kedelai, edamame, kacang kedelai, dan masih banyak produk makanan lain yang berbahan dasar kedelai.

5. Asam Lemak Omega-3
Makan makanan yang kaya asam lemak omega-3 juga dapat membantu mengurangi penyakit jantung dan menurunkan trigliserida.

Usahakan setidaknya dua porsi ikan berlemak seperti salmon, mackerel, herring, tuna, dan sarden per minggu. Beberapa makanan lain dengan asam lemak omega-3 adalah biji rami dan kenari.

6. Jangan Lupa Olahraga dan Diet
Seiring dengan diet sehat dan olahraga aerobik, beberapa hal yang dapat membantu Anda menjaga kolesterol tetap terkendali. Jika memiliki kondisi kesehatan, tanyakan kepada dokter Anda apakah yoga tepat untuk Anda.

Jika diet dan olahraga teratur tidak cukup membantu Anda mengurangi kolesterol, bicarakan dengan dokter Anda tentang penggunaan obat penurun kolesterol.
(hri)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1882 seconds (0.1#10.140)