5 Obat Alami Hilangkan Dahak di Tenggorokan, Nomor 3 Dipercaya Paling Ampuh

Sabtu, 25 Desember 2021 - 20:55 WIB
loading...
5 Obat Alami Hilangkan Dahak di Tenggorokan, Nomor 3 Dipercaya Paling Ampuh
Obat alami hilangkan dahak di tenggorokan, diantaranya Jahe dipercaya paling ampuh. Foto/Ilustrasi/Askyourfitnessquestion
A A A
JAKARTA - Obat alami hilangkan dahak di tenggorokan cukup banyak pilihannya. Namun hanya beberapa saja yang dipercaya dan terbukti ampuh, diantaranya mulai dari Cuka Sari Apel hingga Bawang Putih.

Seperti diketahui, dahak merupakan lendir yang diproduksi untuk melindungi sistem pernapasan dari benda asing maupun dari infeksi. Dahak juga berperan untuk melembapkan saluran pernapasan.

Sebetulnya, dahak selalu ada baik saat seseorang sakit maupun sehat. Namun, saat seseorang sakit, dahak menjadi lebih kental dan terasa. Ini disebabkan oleh benda asing yang dijerat oleh dahak tersebut.

Sebagian besar kasus penumpukan dahak adalah akibat dari infeksi seperti pilek atau flu dan dapat disembuhkan dengan mudah.



Jika Anda menderita dahak setelah suatu penyakit dan ingin segera sembuh, pengobatan berikut ini terbukti ampuh hilangkan dahak membandel di tenggorokan:

1. Cuka Sari Apel
Cuka sari apel sering digunakan sebagai dekongestan alami. Ini karena kandungan potasiumnya, yang dikenal dapat membantu mengatasi hidung meler. Selain itu, cuka sari apel juga memiliki sifat antivirus dan antibakteri alami yang dapat membantu memerangi infeksi yang mengakibatkan produksi dahak berlebihan.

Caranya, tambahkan satu sendok makan cuka sari apel ke dalam segelas air dan aduk rata. Konsumsi larutan ini ini. Anda juga bisa menambahkan madu agar ada rasa manis.

2. Minyak Kayu Putih
Minyak kayu putih mengandung eucalyptol yang membuatnya menjadi dekongestan ampuh dan agen melawan mikroba. Sifat dekongestan minyak kayu putih membantu memecah dahak, dan sifat antimikrobanya dapat memerangi infeksi.

Tambahkan enam hingga delapan tetes minyak kayu putih ke dalam semangkuk air hangat. Tutupi kepala Anda dengan handuk dan hirup uap dekongestannya. Anda harus melakukan ini 1 hingga 2 kali sehari.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2766 seconds (0.1#10.140)