Jokowi Tinjau Penerapan Smart City dan Green Building di BSD City

Sabtu, 25 Desember 2021 - 13:35 WIB
loading...
Jokowi Tinjau Penerapan Smart City dan Green Building di BSD City
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke salah satu proyek Sinar Mas Land di kawasan Green Office Park, BSD City, Banten, pada Jumat (24/12/2021). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke salah satu proyek Sinar Mas Land di kawasan Green Office Park, BSD City, Banten, pada Jumat (24/12/2021) kemarin.

Pada kunjungan yang diterima oleh jajaran direksi Sinar Mas Land itu, Presiden didampingi oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia, Gubernur Banten Wahidin Halim, dan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar.

Kunjungan kerja tersebut bertujuan untuk melihat progres pembangunan kota baru oleh pihak swasta, dalam hal ini Sinar Mas Land, terkait dengan rencana pemerintah menjalankan proyek Ibu Kota Negara (IKN) baru yang terletak di Provinsi Kalimantan Timur.

Group CEO Sinar Mas Land Michael Widjaja menjelaskan, pihaknya sangat antusias menerima kunjungan kerja Jokowi dan jajarannya. Momentum ini sekaligus menjadi kesempatan bagi Sinar Mas Land untuk menjelaskan bahwa mereka tidak sekadar membangun gedung dan jalan, tetapi juga mengembangkan kawasan hunian yang dapat mengakomodasi aktivitas warga di masa depan dengan memadukan ide dan kreativitas serta teknologi berdasarkan visi dan nilai perusahaan.

"Kami selalu menantang diri menghasilkan karya yang terbaik dalam mewujudkan impian generasi masa depan untuk tinggal di kota yang ideal dan layak huni bagi mereka," kata Michael Widjaja melalui siaran pers.

Jokowi mendapat penjelasan dari Managing Director President Office Sinar Mas Land Dhony Rahajoe dan Chief Digital Tech Ecosystem & Development Sinar Mas Land Irawan Harahap tentang pengembangan kawasan BSD City melalui layar multimedia dan maket kota. Kemudian dilanjutkan dengan peninjauan lingkungan Green Office Park (GOP) dan ruang command center di Gedung Sinar Mas Land Plaza guna melihat kondisi traffic serta keamanan wilayah BSD City dari pantauan di command center tersebut.

Presiden menutup kunjungannya dengan meninjau Mall without Wall The Breeze BSD City. Presiden juga sangat tertarik dengan penerapan konsep green district, green building, dan green office yang berada di BSD City.

Untuk diketahui, Sinar Mas Land memadukan kepentingan kegiatan bisnis dan perkantoran melalui konsep green building dengan kepentingan pelestarian lingkungan di kawasan BSD Green Office Park. Lokasi yang ditinjau meliputi Gedung Sinar Mas Land Plaza BSD dan Gedung Green Office Park 9.

Kawasan GOP dan gedung perkantoran yang dibangun sudah mengimplementasikan konsep sustainable development dalam operasionalnya. Yaitu green building, low carbon emission, energy saving, water resource management, green waste management, dan less plastic.

Baik kawasan GOP maupun gedung-gedung lain telah memperoleh sertifikat green district serta green building dari Building and Construction Authority (BCA) Singapore dan Green Building Council Indonesia (GBCI).
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3982 seconds (0.1#10.140)