Tak Hanya Turunkan Kolesterol, Statin Juga Cegah Penyakit Jantung

Minggu, 26 Desember 2021 - 10:47 WIB
loading...
Tak Hanya Turunkan Kolesterol,  Statin Juga  Cegah Penyakit Jantung
Obat kolesterol statin juga baik untuk kesehatan jantung. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Obat kolesterol statin, tak hanya efektif menurunkan kolesterol jahat. Obat ini ternyata juga ampuh mengurangi risiko penyakit jantung. Dengan membantu menghentikan produksi kolesterol di dalam hati, obat ini secara otomatis juga menyehatkan hati.

Menurut Harvard Health, statin menghasilkan efek ini paling efisien pada waktu tertentu dalam sehari. Statin memberikan harapan bagi jutaan orang yang berisiko penyakit jantung karena mereka membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi.

Kolesterol LDL alias kolesterol "jahat" menempel di bagian dalam arteri Anda, sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung. Statin menurunkan kolesterol tinggi dengan menghalangi enzim yang membantu hati membuat kolesterol.

Seperti semua obat-obatan, statin dapat menyebabkan efek samping. Tetapi kebanyakan orang mampu mentoleransi mereka dengan baik dan tidak memiliki masalah.



Untuk itu Anda harus mendiskusikan manfaat dan risiko mengonsumsi statin dengan dokter Anda sebelum mulai minum obat. Risiko efek samping apa pun harus diimbangi dengan manfaat mencegah masalah serius.

Sebuah tinjauan studi ilmiah telah menemukan efektivitas statin. Hal ini diungkap pada sebuah peneltitian. 1 dari setiap 50 orang yang minum obat selama lima tahun akan terhindar kejadian serius, seperti serangan jantung atau stroke."Jika Anda memiliki kolesterol tinggi, sangat penting untuk mengurangi lemak jenuh," kata British Heart Foundation (BHF).

Makanan yang tinggi lemak jenuh adalah hal-hal seperti daging berlemak dan olahan, pai dan kue kering, mentega, krim, dan minyak kelapa.

Menurut BHF, cara terbaik untuk makan makanan yang lebih baik adalah dengan menukar lemak jenuh Anda dengan makanan yang tinggi lemak tak jenuh seperti minyak sayur (bunga matahari, zaitun dan minyak lobak), biji kacang dan alpukat dan ikan berminyak.

(wur)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2184 seconds (0.1#10.140)