Obat Kolesterol Statin, Ini Waktu yang Tepat untuk Mengonsumsinya

Minggu, 26 Desember 2021 - 22:22 WIB
loading...
Obat Kolesterol Statin, Ini Waktu yang Tepat untuk Mengonsumsinya
Obat kolesterol statin harus dikonsumsi sesuai waktu yang disarankan agar hasilnya maksimal. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Penderita kolesterol tinggi biasanya selalu dianjurkan mengonsumsi obat oleh dokter. Biasanya, dokter meresepkan obat jenis statin untuk mengendalikan kolesterol jahat.

Statin adalah obat yang biasa diresepkan oleh dokter untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Secara spesifik, obat ini membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (low-density lipoprotein) atau kolesterol jahat.

Jika darah Anda mengandung terlalu banyak LDL, maka lemak ini dapat menumpuk dan berkerak pada dinding pembuluh darah, sehingga menurunkan aliran darah dan menimbulkan penyumbatan. LDL banyak dihubungkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung koroner.


Agar khasiatnya ekeftif, obat ini tak boleh dikonsumsi sembarangan. Ada aturan-aturan tertentu saat mengonsumsinya. Obat ini hanya boleh dikonsumsi sekali sehari.

Seperti dilansir Mayoclinic, waktu minum obat ternyata juga berdampak pada efektivitas obat dalam mengatasi suatu penyakit. Setiap jenis obatnya memiliki waktu minum yang berbeda-beda.

Nah berikut ini waktu terbaik mengonsumsi obat statin berdasarkan jenisnya:

1. Obat Statin yang Sebaiknya Diminum pada Malam Hari

Obat Kolesterol Statin, Ini Waktu yang Tepat untuk Mengonsumsinya


Obat kolesterol yang durasi kerjanya pendek paling baik Anda minum pada malam hari. Studi menunjukkan bahwa minum short-acting statin pada malam hari membantu menurunkan kadar LDL dan kolesterol total lebih baik daripada pada siang hari.

iminum malam hari? Karena enzim hati yang memproduksi kolesterol lebih aktif saat malam hari. Ketika Anda minum obat statin pada waktu tersebut, tentu kinerja obat akan jadi lebih efektif. Obat jenis ini memiliki waktu paruh kurang dari 6 jam.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2163 seconds (0.1#10.140)