Varian Omicron Muncul Akibat Komplikasi Vaksin dan Pengobatan Covid-19, Begini Faktanya

Senin, 27 Desember 2021 - 15:20 WIB
loading...
Varian Omicron Muncul Akibat Komplikasi Vaksin dan Pengobatan Covid-19, Begini Faktanya
Beredar kabar di media sosial yang menyebut bahwa varian Omicron disebabkan oleh komplikasi dari vaksin dan pengobatan Covid-19. Faktanya kabar tersebut hoax. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
JAKARTA - Beredar kabar di media sosial yang menyebut bahwa varian Omicron disebabkan oleh komplikasi dari vaksin dan pengobatan Covid-19. Informasi ini beredar luas di dunia maya dan menimbulkan kekhawatiran di masyarakat.

Pakar Kesehatan sekaligus Dokter Relawan Covid-19, dr. Muhamad Fajri Adda'i melalui unggahan akun media sosial Instagram @dr.fajriaddai, Senin (27/12/2021), memastikan bahwa informasi tersebut tidak benar atau hoax . Dalam unggahan tersebut, ia pun mecoba memberikan penjelasan terkait fenomena tersebut.

Informasi ini di mulai dari postingan di media sosial yang menunjukkan bahwa gejala virus penyebab Covid-19 varian Omicron sama dengan komplikasi yang dapat muncul pasca vaksin Covid-19. Misalnya gagal jantung, aritmia, stroke, miokarditis, dan lainnya.

Tidak ada bukti juga yang menunjukkan bahwa variann Omicron memunculkan keluhan seperti gagal jantung, aritmia, stroke, miokarditis, dan lainnya. Masih perlu waktu dan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui apakah memang benar ada gejala khusus varian Omicron.



Vaksin Covid-19 yang sudah melalui uji klinis dan disetujui untuk digunakan sudah terbukti efektif dan aman untuk digunakan dengan potensi efek samping berat yang sangat jarang.

Kesimpulannya adalah tidak ada bukti bahwa vaksin Covid-19 dan varian Omicron akan memunculkan keluhan-keluhan seperti yang disebutkan. Selain itu tidak ada bukti pula bahwa varian Omicron merupakan komplikasi vaksin dan pengobatan Covid-19.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4240 seconds (0.1#10.140)