5 Film Indonesia Paling Kontroversial, Dikecam hingga Dilarang Tayang tapi Berprestasi

Selasa, 28 Desember 2021 - 15:16 WIB
loading...
A A A
2. Prison and Paradise - 2010

5 Film Indonesia Paling Kontroversial, Dikecam hingga Dilarang Tayang tapi Berprestasi


Sebuah film dokumenter yang sempat menggegerkan publik karena dianggap menyebarkan propaganda yang dapat menyesatkan di dalam tayangannya.

Hal ini karena film besutan Daniel Rudi Haryanto itu mengangkat kisah tragedi Bom Bali namun dari perspektif kelompok teroris yang terlibat dalam insiden itu.

Menariknya, Prison and Paradise sempat masuk ke dalam nominasi Film Dokumenter Panjang Terbaik Piala Citra 2011. Namun, setelah LSF menyatakan film ini tidak lulus sensor, akhirnya nominasi tersebut dicabut.

3. Jagal - 2012

5 Film Indonesia Paling Kontroversial, Dikecam hingga Dilarang Tayang tapi Berprestasi


Isu tentang pembantaian massal 1965 akan selalu menjadi peristiwa yang dikenang oleh bangsa Indonesia serta menjadi satu luka dan trauma tersendiri. Sutradara Joshua Oppenheimer mencoba menyajikan kejadian tersebut ke dalam sebuah film yang diberi judul Jagal.

Karena dianggap sensitif dan menampilkan tontonan keji dan brutal, film ini dilarang tayang di bioskop Tanah Air. Namun begitu, film yang dalam bahasa Inggris berjudul The Act of Killing ini justru menuai banyak penghargaan internasional yang prestisius.

Film yang membawa sudut pandang anti-PKI ini berhasil menyabet penghargaan sebagai Film Dokumenter Terbaik dalam British Academy Film and Television Arts Awards 2013, hingga masuk nominasi Film Dokumenter Terbaik pada ajang Academy Awards atau Piala Oscar di tahun 2014.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1867 seconds (0.1#10.140)