5 Film Indonesia Paling Kontroversial, Dikecam hingga Dilarang Tayang tapi Berprestasi

Selasa, 28 Desember 2021 - 15:16 WIB
loading...
5 Film Indonesia Paling Kontroversial, Dikecam hingga Dilarang Tayang tapi Berprestasi
Film Indonesia paling kontroversial beberapa di antaranya gagal menembus bioskop Tanah Air karena dilarang tayang. Foto/Fourcolours Films
A A A
JAKARTA - Film Indonesia paling kontroversial beberapa di antaranya gagal menembus bioskop Tanah Air karena dilarang tayang. Namun di sisi lain, film-film tersebut tetap mampu berjaya di kancah internasional dengan meraih sejumlah nominasi penghargaan.

Sebagai sebuah penyajian realitas atau kreativitas dalam bentuk tontonan, film biasanya memiliki satu tema besar yang menjadi inti jalan cerita sekaligus pesan yang ingin disampaikan. Tak jarang suatu film mengangkat isu atau topik yang dianggap sensitif oleh sebagian besar masyarakat, namun sejatinya tayangan tersebut justru menyajikan tontonan yang berkualitas.



Hal ini juga dialami oleh beberapa film Indonesia berikut ini, di mana mereka dianggap kontroversial dan menuai kecaman hingga dilarang tayang karena satu permasalahan tertentu, namun di satu sisi karya tersebut justru menuai apresiasi positif di festival perfilman atau malah digemari penonton.

Lantas, film apa sajakah itu? Berikut lima daftarnya, yang dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (28/12/2021).

1. Pocong - 2006

5 Film Indonesia Paling Kontroversial, Dikecam hingga Dilarang Tayang tapi Berprestasi


Film horor yang mencoba mengangkat tentang asal mula hantu Pocong yang sangat legendaris di Indonesia ini sempat menuai polemik hingga dicekal oleh Lembaga Sensor Film (LSF) karena dua hal.

Yang pertama adalah adanya penggambaran kerusuhan Mei 1998 di mana terdapat adegan yang mengandung unsur SARA hingga pelecehan seksual yang brutal. Film ini juga tidak dapat ditayangkan di bioskop.

Namun begitu, jajaran sutradara dan produser Pocong tidak menyerah begitu saja. Mereka akhirnya ‘berdamai’ dengan mencoba mengemas film secara lebih halus dengan merilis Pocong 2, dan nyatanya film ini cukup disukai penonton di bioskop.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1582 seconds (0.1#10.140)