Resep Bumbu Ayam Bakar Kecap untuk Malam Tahun Baru, Meresap Sampai ke Dalam

Jum'at, 31 Desember 2021 - 16:20 WIB
loading...
Resep Bumbu Ayam Bakar Kecap untuk Malam Tahun Baru, Meresap Sampai ke Dalam
Ayam bakar menjadi menu favorit saat perayaan malam tahun baru. Ayam bakar semakin terasa nikmat dengan tambahan bumbu kecap yang mudah dibuat di rumah. Foto/Endeus TV.
A A A
JAKARTA - Ayam bakar menjadi menu favorit saat perayaan malam tahun baru . Ayam bakar semakin terasa nikmat dengan tambahan bumbu kecap yang mudah dibuat di rumah.

Bubu kecap menawarkan rasa manis dan pedas yang nikmat disantap bersama lalapan dan sambal. Untuk membuat bumbu ayam bakar yang pas, berikut resepnya seperti dikutip dari kanal YouTube Devina Hermawan, Jumat (31/12/2021).


Bahan:
2 ekor ayam, potong 4 bagian
2 buah jeruk nipis
1 sdt garam
1 sdt kaldu
8 sdm kecap manis
2 sdm air asam jawa, opsional
2 batang serai, potong, geprek

Bahan Lainnya:
4 lembar daun salam
1 sdm margarin
½ sdt merica
1 sdt kaldu bubuk
½ sdt garam
1 sdm gula pasir
4 sdm kecap manis
700 ml air

Bumbu Halus:
8 siung bawang putih
10 siung bawang merah
4 butir kemiri
6 cm kunyit
6 cm lengkuas
3 buah cabai merah tanjung atau 8 buah cabai keriting
1 sdt ketumbar sangrai
1 bungkus terasi
Minyak secukupnya


Bahan Oles:
Bumbu ungkepan
2 sdm margarin

Pelengkap:
Nasi
Terong, potong
Sambal bawang
Kemangi
Bawang goreng

Cara Membuat:
Masukkan garam secukupnya dan perasan jeruk nipis ke dalam ayam, aduk rata. Diamkan 5-10 menit lalu bilas, tiriskan. Masukkan kecap manis, air asam jawa, garam, dan kaldu bubuk, aduk rata, tutup dengan plastik wrap lalu diamkan 3-4 jam atau semalaman di dalam kulkas

Haluskan bawang putih, bawang merah, kemiri, lengkuas, kunyit, ketumbar, terasi, cabai merah, dan sedikit minyak dengan blender lalu tumis hingga setengah matang. Masukkan serai, daun salam, merica, dan margarin tumis hingga matang kemudian masukkan ayam, aduk rata.

Tambahkan air, kecap manis, garam, kaldu, dan gula pasir masak hingga meresap di api sedang selama 25 menit, tiriskan. Sisihkan bumbu ungkepan ke dalam mangkuk lalu campurkan dengan margarin, aduk rata. Panaskan wajan, masukkan ayam lalu oles dengan bumbu oles, panggang hingga matang.

Untuk oven atau air fryer, panggang ayam dan terong yang telah dioles bumbu di suhu 170 derajat celcius selama 15 menit. Ayam bakar kecap siap disajikan dengan pelengkap.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1155 seconds (0.1#10.140)