7 Makanan Tinggi Kolesterol yang Sangat Sehat, Nomor 5 Tak Disangka

Sabtu, 01 Januari 2022 - 16:20 WIB
loading...
7 Makanan Tinggi Kolesterol yang Sangat Sehat, Nomor 5 Tak Disangka
Banyak makanan tinggi kolesterol termasuk makanan yang paling sehat dan bergizi. Makanan ini tidak melulu meningkatkan risiko masalah kesehatan serius. Foto/Healthline.
A A A
JAKARTA - Banyak makanan tinggi kolesterol termasuk makanan yang paling sehat dan bergizi. Makanan ini tidak melulu meningkatkan risiko masalah kesehatan serius seperti penyakit jantung. Hal tersebut dibuktikan dari banyak penelitian terbaru.

Sebagian besar kolesterol dalam darah diproduksi oleh hati. Ketika makan makanan tinggi kolesterol, hati memproduksi lebih sedikit. Untuk alasan ini, kolesterol dalam makanan hanya memiliki efek kecil pada kadar kolesterol darah pada kebanyakan orang.

Penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa makan makanan kolesterol tidak memiliki hubungan dengan serangan jantung atau stroke. Berikut makanan tinggi kolesterol yang sehat dilansir dari Healthline, Sabtu (1/1/2022).


1. Keju

Keju adalah makanan yang lezat, mengenyangkan, dan padat nutrisi. Satu ons atau irisan cheddar mengandung 28 mg kolesterol, yang merupakan jumlah relatif tinggi. Namun, keju juga sarat dengan nutrisi lain. Misalnya, satu ons cheddar memiliki 7 gram protein berkualitas dan menyediakan 15% dari nilai harian (DV) untuk kalsium.

Meskipun juga tinggi lemak jenuh, penelitian menunjukkan bahwa hal itu dapat meningkatkan kesehatan jantung. Makanan susu tinggi protein dan rendah karbohidrat seperti keju juga dapat membantu mengurangi lemak tubuh dan meningkatkan massa otot.

2. Telur

Telur adalah salah satu makanan yang paling bergizi. Mereka juga sangat tinggi kolesterol, dengan dua telur besar memiliki 372 mg. Selain itu, telur memiliki 13 gram protein, 56% DV untuk selenium, serta jumlah riboflavin, vitamin B12, dan kolin yang baik.

Sayangnya, beberapa orang membuang kuning telur yang kaya kolesterol dan hanya makan putih telurnya. Ini karena ketakutan yang salah kaprah terhadap kolesterol dalam kuning telur. Namun, kuning telur adalah bagian paling bergizi dari telur. Kuning telur memiliki hampir semua nutrisi, sedangkan putih sebagian besar protein.

Selain itu, kuning telur mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin, yang mengurangi risiko gangguan mata seperti katarak dan degenerasi makula. Makan telur utuh bahkan dapat mengurangi faktor risiko penyakit jantung pada beberapa orang. Terlebih lagi, telur dapat menurunkan kadar gula darah dan membuat merasa kenyang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1789 seconds (0.1#10.140)