4 Cara Sederhana Menurunkan Kolesterol Jahat, Tanpa Obat dan Mudah

Senin, 03 Januari 2022 - 05:42 WIB
loading...
4 Cara Sederhana Menurunkan Kolesterol Jahat, Tanpa Obat dan Mudah
Menurunkan kolesterol jahat bisa dilakukan dengan cara sederhana dan tanpa obat. Kolesterol tinggi tidak menunjukkan gejala sehingga sulit untuk mengetahui. Foto/Search Engine Journal
A A A
JAKARTA - Menurunkan kolesterol jahat bisa dilakukan dengan cara sederhana dan tanpa obat . Kolesterol tinggi tidak menunjukkan banyak gejala sehingga sulit untuk mengetahui bahwa kadar Anda meningkat.

Namun beberapa penyebab utama kolesterol melonjak adalah pola makan yang kaya akan makanan berlemak, kurang berolahraga dan terlalu banyak minum alkohol. Berikut cara sederhana menurunkan kolesterol jahat dilansir dari Express, Senin (3/1/2022).


1. Diet Rendah Lemak Jenuh

Memilih makanan yang mengandung lemak tak jenuh daripada lemak jenuh dapat menurunkan kadar kolesterol Anda. Makanan tersebut di antaranya ikan berminyak seperti makarel dan salmon, kacang, biji-bijian, alpukat, minyak nabati dan olesan meliputi minyak lobak, sayuran, bunga matahari, zaitun, jagung, atau kenari.

2. Olahraga

Tidak masalah aktivitas apa yang Anda pilih dan bisa mencakup berjalan hingga menari. Tetapi melakukan olahraga 150 menit setiap minggu dapat menurunkan kolesterol. Satu-satunya hal yang harus diperhatikan adalah intensitas olahraga harus sedang, yang berarti meningkatkan detak jantung dan membuat berkeringat.


3. Berhenti Merokok

Manfaat berhenti merokok dapat dirasakan dengan sangat cepat. Dalam 20 menit setelah berhenti, tekanan darah dan detak jantung dapat pulih dari lonjakan akibat merokok. Setelah setahun tanpa rokok, risiko penyakit jantung berkurang setengahnya. Berhenti merokok juga dapat meningkatkan kolesterol baik dan mengurangi risiko terkena serangan jantung, stroke, atau kanker.

4. Kurangi Alkohol

Mengurangi minum alkohol menawarkan berbagai manfaat kesehatan. Minum terlalu banyak dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, stroke, dan bahkan gagal jantung. NHS merekomendasikan untuk menghindari lebih dari 14 unit alkohol dalam seminggu.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2685 seconds (0.1#10.140)