5 Diet Menurunkan Kolesterol Tinggi, Lengkap dengan Menunya

Selasa, 04 Januari 2022 - 13:29 WIB
loading...
5 Diet Menurunkan Kolesterol Tinggi, Lengkap dengan Menunya
Diet terbukti membantu menurunkan kolesterol tinggi. Diet berikut ini bukan diet dalam arti membatasi asupan makanan atau merasa lapar sepanjang waktu. Foto/Healthline
A A A
JAKARTA - Diet terbukti membantu menurunkan kolesterol tinggi . Diet berikut ini bukanlah diet dalam arti membatasi asupan makanan atau merasa lapar sepanjang waktu, tetapi rencana makan yang menekankan kelompok makanan sehat tertentu daripada pilihan yang kurang sehat.

Penelitian ilmiah juga telah membuktikan bahwa diet sangat membantu dalam hal menurunkan kolesterol . Jika Anda ingin mengelola kolesterol tinggi , pertimbangkan untuk mengikuti salah satu dari rencana makan ini. Berikut diet yang dapat membantu menurunkan kolesterol tinggi dilansir dari Everyday Health, Selasa (4/1/2022).


1. Diet Mediterania

Sebuah studi diet Mediterania yang diterbitkan pada Februari 2019 dalam jurnal Circulation Research menyebutkan bahwa diet dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

Jika Anda ingin mencoba diet ini, fokuslah pada buah-buahan segar, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian, dengan makanan laut, protein tanpa lemak, dan produk susu dalam jumlah sedang.

2. Diet DASH

Diet Dietary Approaches to Stop Hypertension (DASH) dirancang untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan dapat membantu menurunkan kolesterol. Ini mirip dengan diet Mediterania dalam fokusnya pada buah-buahan, sayuran, biji-bijian, ikan, unggas, dan kacang-kacangan tetapi juga menekankan pengurangan asupan garam untuk membantu menurunkan tekanan darah.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada April 2019 di The American Journal of Preventive Medicine, mengikuti diet Dash dikaitkan dengan risiko gagal jantung 40 persen lebih rendah.


3. Diet TLC

Diet Therapeutic Lifestyle Changes (TLC) dirancang oleh Program Pendidikan Kolesterol Nasional Institut Kesehatan Nasional untuk membantu menurunkan kolesterol. Diet TLC berfokus pada biji-bijian, sayuran, buah-buahan, susu, dan protein tanpa lemak terbatas sebagai pengganti makanan tinggi lemak jenuh, kolesterol, dan lemak total, seperti daging olahan, kue kering, dan mentega.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1401 seconds (0.1#10.140)