Lidah Sapi Mengandung Kolesterol, Jangan Keseringan Dikonsumsi!

Minggu, 09 Januari 2022 - 06:35 WIB
loading...
Lidah Sapi Mengandung Kolesterol, Jangan Keseringan Dikonsumsi!
Lidah sapi mengandung kolesterol yang dapat menyebabkan masalah kesehatan jika sering dikonsumsi. Padahal, lidah sapi umum dikonsumsi berbagai olahan masakan. Foto/Photos.com
A A A
JAKARTA - Lidah sapi mengandung kolesterol yang dapat menyebabkan masalah kesehatan jika sering dikonsumsi. Padahal, lidah sapi salah satu jenis daging organ yang paling umum dikonsumsi dalam berbagai olahan masakan.

Dilansir dari Healthline, Minggu (9/1/2022) bagian lidah yang merupakan bagian otot adalah potongan daging yang empuk dan lezat karena memiliki kandungan lemak yang tinggi.

Ahli nutrisi tersertifikasi The George Institute, Daisy Coyle mengatakan bahwa daging organ memang kaya akan kolesterol, terlepas dari sumber hewani apa pun baik itu sapi, babi, ayam, domba, atau kambing.

Diterangkan dalam situs resmi US Departement of Agriculture (USDA), untuk lidah sapi ukuran porsi per 100 gram mengandung sekitar 87 miligram atau sekira 29 persen kolesterol.



Saat makan makanan yang tinggi kolesterol, hati akan merespons dengan memproduksi kolesterol jadi lebih sedikit. Oleh karena itu, makanan tinggi kolesterol hanya memiliki efek kecil pada kadar kolesterol total darah.

Sebagian besar daging organ memang mengandung banyak kolesterol. Namun, mengonsumsi makanan kaya kolesterol tidak secara langsung terkait dengan kolesterol darah yang lebih tinggi atau risiko penyakit jantung.

Meski tinggi akan kolesterol, bukan berarti lidah sapi tak memiliki kandungan nutrisi di dalamnya. Dilansir dari Healthy Eating, seperti kebanyakan daging, lidah sapi juga memiliki kandungan nutrisi dasar di dalamnya.

Lidah sapi merupakan sumber kalori yang cukup moderat, 3 ons lidah sapi mengandung 240 kalori, 16 gram protein dan 19 gram lemak. Semua kandungan ini jadi sumber asam amino yang dibutuhkan untuk membangun otot tanpa lemak.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2038 seconds (0.1#10.140)