8 Cara Efektif Menaikkan Kolesterol Baik, Tanpa Obat

Senin, 10 Januari 2022 - 06:41 WIB
loading...
8 Cara Efektif Menaikkan Kolesterol Baik, Tanpa Obat
Ada cara efektif untuk meningkatkan kadar kolesterol baik tanpa obat. Kolesterol baik membawa kelebihan kolesterol ke hati sehingga tidak menumpuk di darah. Foto/Dr Jeff Foster
A A A
JAKARTA - Ada cara efektif untuk meningkatkan kadar kolesterol HDL atau kolesterol baik , termasuk tanpa obat . Kolesterol baik membawa kelebihan kolesterol ke hati sehingga tidak menumpuk di aliran darah Anda.

Tapi ketika kolesterol LDL atau kolesterol jahat memindahkan kolesterol ke seluruh tubuh, itu bisa menumpuk di dinding arteri, membuatnya keras dan menyempit. Jika terlalu sedikit kolesterol baik dan terlalu banyak kolesterol jahat, Anda berisiko mengidap kolesterol tinggi.

Kondisi ini dapat menyebabkan aterosklerosis atau angina yang sering dialami sebagai nyeri dada, serangan jantung, dan stroke. Berikut cara efektif menaikkan kolesterol baik seperti dilansir dari Everyday Health, Senin (10/1/2022).


1. Olahraga

Olahraga teratur merupakan bagian penting dari gaya hidup sehat dan juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik. Latihan aerobik seperti berlari, bersepeda, dan berenang, bersama dengan latihan beban sedang adalah pilihan yang baik untuk membantu meningkatkan kadar kolesterol baik.

Untuk wanita setelah menopause, sebuah penelitian yang diterbitkan pada Agustus 2016 di jurnal Diabetes & Metabolism menemukan bahwa latihan interval intensitas tinggi dengan sepeda menyebabkan kadar kolesterol baik yang lebih baik serta penurunan berat badan yang signifikan.

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada Mei 2016 dalam jurnal Applied Physiology, Nutrition, and Metabolism menemukan bahwa pria gemuk yang melakukan latihan interval aerobik seperti berlari di atas treadmill atau latihan ketahanan dengan beban hanya 3 hari seminggu selama 12 minggu secara signifikan meningkatkan kolesterol baik jika dibandingkan dengan pria gemuk yang tidak olahraga.

2. Turunkan Berat Badan

Jika Anda kelebihan berat badan atau obesitas, menurunkan berat badan dapat membantu meningkatkan kolesterol baik. Leah Groppo, RD, CDE, ahli diet klinis di Stanford Health Care di Stanford, California, mengatakan bahwa kehilangan sekitar 7 persen dari total berat badan sudah cukup untuk menyebabkan perubahan metabolisme.

Metode penurunan berat badan yang efektif termasuk diet, olahraga, dan operasi. Sebuah penelitian yang diterbitkan pada Januari 2014 dalam jurnal Surgery for Obesity and Related Diseases menemukan bahwa 318 peserta yang menerima laparoscopic adjustable gastric menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kolesterol baik mereka dalam jangka panjang, 12 tahun kemudian.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2019 seconds (0.1#10.140)