Film Penyalin Cahaya Mulai Tayang Besok, Nama Satu Kru Resmi Dihapus karena Kasus Pelecehan Seksual

Rabu, 12 Januari 2022 - 16:31 WIB
loading...
Film Penyalin Cahaya Mulai Tayang Besok, Nama Satu Kru Resmi Dihapus karena Kasus Pelecehan Seksual
Film Penyalin. Foto/Kaninga Pictures
A A A
JAKARTA - Film Penyalin Cahaya sedang menjadi sorotan. Bukan karena film ini bakal mulai tayang di Netflix besok, melainkan lantaran dugaan kasus pelecehan seksual yang melibatkan salah satu kru film.

Terkait dengan itu, pihak produksi pun telah mengambil langkah tegas. Belum lama ini, tim produksi, Rekata Studio dan Kaninga Pictures mengeluarkan pernyataan tentang sikap yang diambilnya.

“Kami Rekata Studio & Kaninga Pictures berkomitmen untuk memberikan ruang aman yang bebas dari pelecehan seksual dan kami akan selalu berpihak pada penyintas,” demikian pernyataan resmi film Penyalin Cahaya, seperti dikutip dari Instagram resmi @penyalincahaya, Rabu (12/1/2022).

“Berdasarkan informasi yang kami terima dari suatu komunitas yang mengelola pelaporan terhadap peristiwa pelecehan seksual, kami mendapati sebuah nama dari tim film 'Penyalin Cahaya' tercatat sebagai terlapor akan dugaan perbuatan di masa lalunya,” tulisnya lagi.


Menindaklanjuti ini, pihak Rekata Studio & Kaninga Pictures ini juga menghapus nama terduga pelaku pelecehan seksual dari kredit film Penyalin Cahaya dan materi-materi publikasi film tersebut. Pihak terlapor ini juga tidak lagi menjadi bagian dari film Penyalin Cahaya dan Rekata Studio.

“Rekata Studio & Kaninga Pictures sangat serius dalam menyikapi kejadian ini dan kami berharap proses-proses yang terjadi setelah pelaporan ini berjalan dengan mengakomodir kepentingan penyintas dan dapat terselesaikan sesuai jalur yang tepat,” lanjutnya.

Diketahui, nama satu kru yang hilang dari credit title adalah Henricus Pria. Dia merupakan salah satu penulis skenario Penyalin Cahaya yang juga digarap bersama sang sutradara, Wregas Bhanuteja. Nama Henricus Pria juga diketahui sudah tidak ada lagi dalam jajaran kru Penyalin Cahaya di laman resmi Rekata Studio.

Sebagai informasi, Penyalin Cahaya adalah sebuah film drama thriller misteri Indonesia tahun 2021 produksi kerja sama Rekata Studio dan Kaninga Pictures. Film yang mengangkat isu kekerasan seksual ini disutradarai oleh Wregas Bhanuteja.



Deretan pemain film Penyalin Cahaya di antaranya Shenina Cinnamon, Chicco Kurniawan, Lutesha, Jerome Kurnia, Dea Panendra, dan Giulio Parengkuan. Film ini dirilis perdana secara internasional pada 8 Oktober 2021 di Festival Film Internasional Busan dan tayang di Netflix pada 13 Januari 2022.
(wur)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1922 seconds (0.1#10.140)