Kolesterol Meningkat, 5 Kebiasaan Buruk Ini Penyebabnya

Kamis, 13 Januari 2022 - 20:02 WIB
loading...
Kolesterol Meningkat, 5 Kebiasaan Buruk Ini Penyebabnya
Kolesterol menjadi salah satu penyakit yang paling sering dialami masyarakat. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Kolesterol menjadi salah satu penyakit yang paling sering dialami masyarakat. Menurut American Heart Association, satu dari tiga orang Amerika Serikat atau 38 persen dari populasi, mengidap kolesterol tinggi .

Salah satu hal yang menjadi masalah adalah kolesterol tinggi tidak memiliki gejala. Sehingga banyak orang tidak mengetahui bahwa kolesterol mereka terlalu tinggi sebelum melakukan tes darah.



Meningkatnya kolesterol ini dipicu oleh kebiasaan-kebiasaan yang tidak sehat. Merangkum laman Eat This, Kamis (13/1/2022), berikut kebiasaan-kebiasaan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol.

1. Tidak Konsumsi Cukup Serat

Ahli Diet Danielle McAvoy mengatakan, serat dapat mengikat kelebihan kolesterol dan membersihkannya dari aliran darah. Ia menambahkan, orang dengan kolesterol tinggi harus berusaha ekstra keras untuk mendapatkan serat yang direkomendasikan 25 hingga 30 gram per hari.





2. Konsumsi Makanan dalam Kemasan


Biskuit, granola bar, dan makanan yang dipanggang memang nikmat, tetapi tidak memiliki nutrisi.

McAvoy mengatakan, makanan tersebut sering memiliki minyak terhidrogenasi yang ditambahkan untuk memperpanjang umur simpan. Banyak dari minyak ini adalah jenis jenuh, yang telah dikaitkan dengan tingkat LDL yang tinggi.

3. Kebiasaan Makan Makanan yang Digoreng

Minyak yang biasanya digunakan untuk menggoreng makanan seperti minyak kacang dan minyak sayur, biasanya mengandung lemak trans yang tinggi, yang terkenal sebagai peningkat kolesterol.

Spesialis Obesitas dan Direktur Klinik Manajemen Berat Badan di Michigan Medicine Amy E. Rothberg, MD, PhD mengatakan, makanan yang digoreng adalah makanan yang paling buruk untuk kolesterol.

"Mengukus, memanggang, memanggang, dan memanggang jauh lebih aman daripada menggoreng," kata Amy.

4. Konsumsi Makanan yang Sudah Diproses

Mengonsumsi semangkuk sereal sarapan di pagi hari. Sekaleng soda saat makan siang, diakhiri dengan satu atau dua permen pencuci mulut, bisa berdampak pada kolesterol. Sebab banyak makanan olahan yang dapat berkontribusi terhadap kolesterol tinggi.

5. Terlalu Banyak Konsumsi Alkohol

Memperhatikan konsumsi alkohol jika Anda adalah seorang peminum. Konsumsi alkohol dalam jumlah sedang sebenarnya memiliki efek perlindungan pada kesehatan jantung dan meningkatkan kadar HDL.

Jika meminumnya secara berlebihan, alkohol memiliki efek sebaliknya pada kolesterol. Mereka bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan meningkatkan kadar trigliserida.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1289 seconds (0.1#10.140)